Lirik Musikal pada Lagu Anak Berbahasa Indonesia

Fortunata Tyasrinestu

Abstract


Penelitian ini mengkaji bahasa lagu anak berbahasa Indonesia. Lagu anak berbahasa Indonesia adalah lagu yang diperuntukkan dan dinyanyikan oleh anak-anak sesuai dengan perkembangan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik lagu anak (LA) secara musikal dengan memperhatikan kata-kata atau lirik yang ada dalam lagu anak berbahasa Indonesia. Karakteristik lirik dan karakteristik musikal yang saling menyatu merupakan harmoni yang indah dalam lagu anak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Analisis yang diterapkan adalah metode holistik yang dipergunakan untuk melihat LA dari beberapa perspektif melalui wawancara dan angket yang diperoleh dari praktisi musik dan praktisi pendidikan, guru, orangtua, siswa dan awam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lagu anak berbahasa Indonesia mempunyai beberapa karakteristik secara lirik dan musikal yaitu 1) pola ritme yang diulang secara musikal, 2) melodi yang diulang secara musikal, 3) motif yang diulang secara musikal, dan 4) kata-kata yang diulang secara musikal. Fungsi lagu anak berbahasa Indonesia selain untuk belajar bahasa juga mengandung nilai pendidikan dan karakter positif untuk anak dengan kata-kata bermakna positif pada lirik-liriknya.

 

The Characteristics of Musical Lyrics on Indonesian Children Songs.The study tries to examine the discourse of Indonesian children songs. Indonesian children songs are songs that are composed for and sung by children in accordance with the child development stages. The purpose of this study is to describe the discourse of Indonesian children songs which describe their musical characteristics by giving more attention on words or lyrics of the songs. The characteristics of lyrics and musical characteristics that belong to each other are mainly a beautiful harmony in children songs. This study uses a descriptive method. The holistic method is employed to analyze children songs from some perspectives by doing the interview and distributing questionnaires to musicians, educators, teachers, parents, students, and common people in terms of composition background, the actual condition, and the resulted effect. The result shows that the Indonesian children songs have their own lyrics and musical characteristics as the followings: 1) the pattern of repeated musical rhythm, 2) the musically-repeated melody , 3) the repeated musical motives, and 4) the musically-repeated words. The function of Indonesian children songs is to learn a language of which the songs may also contain positive education values and characters for children by showing the meaningful words in the lyrics.


Keywords


lagu anak, lirik, musikal, bahasa Indonesia, children songs, lyrics, musical, Indonesian language

Full Text:

PDF

References


Campbell, Patricia Shehan dkk. 2010. Music in Childhood from Preschool through the elementary Grades. Schirmer: Canada.

Cahyono, Bambang Yudi. 1995. Kristal-Kristal Ilmu Bahasa. Surabaya: Airlangga University Press.

Chaer, A. 2003. Psikolinguistik. Kajian Teoritik. Jakarta : Rineka Cipta

___________. 2003. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

___________.1989. Penggunaan Imbuhan Bahasa Indonesia. Ende: Nusa Indah.

Chomsky, Carol. 1969. The Aquisition of Syntax in Children from 5 to 10. Cambridge: MIT Press.

Dardjowidjojo, S. 2005. Psikolinguistik. Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Djajasudarma, Fatimah. 2006. Metode Linguistik Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: PT Refika Aditama.

Djawanai, S. 2009. “Telaah Bahasa, Telaah Manusia”. [Teks Pidato] Pengukuhan Jabatan Guru Besar pada FIB UGM 4 November 2009. Yogyakarta: UGM

Djohan. 2003. Psikologi Musik. Yogyakarta: Penerbit Buku Baik.

Flavel, J.H. 1985. Children’s Oral Communication Skills. New York: Academic

Fletcher, P. 1991. Education and Music. Great Britain: The Alden Press..

Gestwicki, Carol. 2007. Developmentally Appropriate Practice curriculum and Development in early Education. USA: Delmar.

Goble, G.F. 1987. Mazhab Ketiga : Psikologi Humanistik Abraham Maslow. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Pradopo, Rachmat Djoko. 1997. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah mada University Press.

Raditya, Michael HB. 2014. “Musik sebagai Wuhud Eksistensi dalam Gelaran World Cup” dalam Resital Jurnal Seni Pertunjukan Vol. 15 No. 1 Juni

Ramlan, M. 1985. Tata Bahasa Indonesia: Penggolongan Kata. Yogyakarta: Andi Offset.

___________. 1996. Ilmu Bahasa Indonesia: Sintaksis. Yogyakarta: CV Karyono.

___________. 1997. Ilmu Bahasa Indonesia: Morfologi. Yogyakarta: CV Karyono.

Rosmiati, Ana. 2014. ”Teknik Stimulasi dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Lirik Lagu Dolanan” dalam Resital Jurnal Seni Pertunjukan Vol. 15 No. 1 Juni




DOI: https://doi.org/10.24821/resital.v15i2.850

Article Metrics

Abstract view : 3421 times
PDF - 6034 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.