Analisis Koreografi Tari Rampak Bedug Harum Sari Kabupaten Pandeglang
Abstract
Tari Rampak Bedug Harum Sari sangat populer di Provinsi Banten khususnya Kabupaten Pandeglang. Tari ini merupakan sebuah tarian yang gerakannya memanfaatkan sikap-sikap gerak pencak silat dalam memainkan bedug. Tari Rampak Bedug Harum Sari ditarikan oleh sepuluh penari yang terdiri dari lima penari laki-laki dan lima penari perempuan. Tari Rampak Bedug Harum Sari memiliki beberapa motif gerak tari yaitu catrok, selut, gebrak, gojlok, gilas kombinasi, ping-ping cak-cak, haji salam. Motif gerak tersebut dapat dilakukan oleh penari laki-laki maupun perempuan. Bentuk tari Rampak Bedug Harum Sari secara keseluruhan dapat terlihat dari keutuhan atau kesatuan pada tari ini yaitu adanya nilai kekompakan serta kebersamaan. Hal ini terlihat dari beberapa motif gerak yang didominasi dengan gerakan rampak dan pola-pola lantai yang digambarkan dengan garis-garis lurus simetris yang memiliki arti kebersamaan. Teknik dalam tari Rampak Bedug Harum Sari melibatkan teknik bentuk, teknik medium dan teknik instrumen. Dalam hal ini teknik pada tari Rampak Bedug Harum Sari memberikan kontribusi bagaimana cara bergerak, cara memainkan bedug serta bagaimana gerak yang satu dengan gerak yang lainnya dapat saling berkaitan. Isi dari tari Rampak Bedug Harum Sari yakni berawal dari filosofi tentang alat musik bedug, kebiasaan masyarakat setempat, dan tari rampak bedug itu sendiri yang dapat menciptakan nilai-nilai kebersamaan.
Kata kunci : Rampak Bedug, Harum Sari, Koreografi
References
http://digilib.isi.ac.id/
DOI: https://doi.org/10.24821/srs.v0i0.1039
Article Metrics
Abstract view : 6772 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Jl. Parangtritis KM 6,5 Yogyakarta
email: lib@isi.ac.id website: http://lib.isi.ac.id