Analisis Koreografi Tari Reog Dhodhog Kasmaran Di Dusun Pedes Argomulyo Sedayu Bantul Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini difokuskan pada struktur koreografi tari Tari Reog Dhodhog Kasmaran. Tari Reog Dhodhog mulai dikenal oleh masyarakat di Yogyakarta sekitar tahun 1986, melalui karya tari yang disusun oleh Untung Muljono dan disajikan dalam ujian Tugas Akhir di Program Studi S1 Komposisi Tari, Fakultas Kesenian, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Kesenian rakyat ini perngembangan dari Reog Kendang Tulungagung yang menggunakan kendang dhodhog, selain sebagai properti juga digunakan sebagai identitas, pengembangan gerak maupun iringan tarian tersebut. Tarian ini ditarikan oleh duabelas penari berpasangan yang terdiri dari enam penari putra dan enam penari putri. Penelitian kali ini penulis menggunakan pendekatan koreografi yang dikemukakan oleh Y. Sumandiyo Hadi, meliputi aspek bentuk, teknik, dan isi, serta elemen dasar koreografi yang terdiri dari gerak, ruang, dan waktu yang memunculkan sebuah gaya khas dalam tarian ini. Penggunaan pendekatan tersebut diharapkan dapat digunakan untuk mengetahui teks koreografi tari Reog Dhodhog Kasmaran secara keseluruhan. Motif gerak dengan pengembangan dan variasi gerak menggunakan properti kendang dhodhog yang dilakukan secara rampak. Desain pola lantai, motif gerak, iringan, serta elemen-elemen koreografi yang distrukturkan menjadi satu keutuhan bentuk koreografi tari Reog Dhodhog Kasmaran. Tarian ini mempunyai gaya atau style yang berbeda dengan tari kerakyatan yang lain. Pola tabuhan serta akulturasi budaya membentuk menjadi garapan koreografi tari tradisi kerakyatan yang menggunakan kendang dhodhog sebagai ciri khasnya.
Kata kunci : Reog Dhodhog, Koreografi, Gaya
References
http://digilib.isi.ac.id/
DOI: https://doi.org/10.24821/srs.v0i0.1047
Article Metrics
Abstract view : 1076 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Jl. Parangtritis KM 6,5 Yogyakarta
email: lib@isi.ac.id website: http://lib.isi.ac.id