Motivasi Pengiklan Iklan Kecik Di Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat Pada Era Iklan Dengan Media Online Di Yogyakarta

Fransiscus Asisi Indra Setya Putranto 0811675024

Abstract


Penelitian “ Motivasi Pengiklan Iklan Kecik di Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat Pada Era Iklan Dengan Media Online Di Yogyakarta” berawal dari rasa penasaran yang tinggi, dimana pada era modern sekarang telah banyak muncul alat komunikasi yang semakin canggih seperti gadget. Perkembangan gadget tidak terlepas dari perkembangan aplikasi-aplikasi yang semakin memanjakan pengguna gadget. termasuk di dalamnya aplikasi yang sangat berkembang dan bermunculan adalah aplikasi dengan kategori pemasangan iklan, seperti OLX, KASKUS, TOKOPEDIA, dll. Dengan fasilitas yang semakin banyak dan mudah orang sudah bisa memasang iklan pada aplikasi online dengan data yang lebih. Namun di lain sisi hal tersebut tidak menyurutkan semangat orang-orang yang memasang iklan pada media surat kabar harian Kedaulatan Rakyat dalam kategori beriklan pada iklan kecik yang hanya berbentuk baris, tanpa foto, dengan biaya yang lebih mahal, serta jangkauan yang terbatas, untuk berpaling menggunakan media online. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif interpretatif. Moleong mengatakan bahwa penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan prosedur analisis yang tidak menggunakan prosedur analisis statistik atau cara kuantifikasi lainya (Moleong,2012:6). Untuk mengetahui motivasi dari informan yang beriklan pada media surat kabar harian Keaulatan Rakyat maka dilakukan pengumpulan data dengan pendekatan teori dari beberapa teori periklanan oleh Jefkins Frank, A.d. Farbey, Arens William yang ketiganya saling berkaitan dalam penelitian ini. Setelah itu didapatlah pendapat dari informan melalui metode kualitatif interpretatif yang dapat disimpulkan bahwa meraka memasang iklan pada surat kabar harian Kedaulatan Rakyat dikarenakan media tersebut mempunyai nilai yang lebih bonafit dan mereka bermaksud ingin meningkatkan nilai kepercayaan yang lebih, dan berimbas pada barang dagangan mereka di media yang lebih bonafit.

 

Kata kunci : Iklan Kecik, Iklan Online, Periklanan


References


http://digilib.isi.ac.id/




DOI: https://doi.org/10.24821/srs.v0i0.1231

Article Metrics

Abstract view : 213 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta

Jl. Parangtritis KM 6,5 Yogyakarta

email: lib@isi.ac.id website: http://lib.isi.ac.id