Perancangan permainan edukatif tentang pengenalan bencana alam dan cara menghadapinya untuk anak-anak.
Abstract
Perancangan ini diaplikasi untuk menghasilkan media bantu dalam proses pengenalan dan pembelajaran tentang Bencana Alam dan cara menghadapinya untuk anak-anak.
Permainan edukatif pengenalan bencana alam dan cara menghadapinya untuk anak-anak ini adalah sebuah permainan yang berisi tentang pengetahuan tentang bencana alam yang sering terjadi di negara Indonesia.Dalam permainan ini pula di beritahukan secara sederhana bagaimana menghadapi bencana alam jika terjadi di sekitar anak-anak.Dalam permainan ini dibutuhkan sebuah papan permainan, 4 orang pemain dengan begitu membutuhkan 4 bidak pemain, satu buah dadu, kartu aksi dan pertanyaandan kartu penjelasan, dan sebuah buku petunjuk permainan. Dengan bidak karakter menggunakan metode gunting dan tempel diharapkan anak-anak dapat lebih kreatif membuat mainannya sendiri. Terdapat pula kartu penjelasan dimana terdapat ilustrasi dan dilengkapi dengan penjelasan tentang tanda-tanda dan bagaimana cara menghadapi bencana alam, selain itu terdapat pula kartu aksi dan pertanyaan dimana dalam kartu aksi terdapat perintah-perintah. Terdapat pula kartu penjelasan dimana terdapat ilustrasi dan dilengkapi dengan penjelasan tentang tanda-tanda dan bagaimana cara menghadapi bencana alam, selain itu terdapat pula kartu aksi dan pertanyaan dimana dalam kartu aksi terdapat perintah-perintah yang mengharuskan anak-anak meniru dan menaati perintah yang tertera dalam kartu, untuk kartu pertanyaan berisikan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang ada dalam kartu penjelasan.
Tujuan utama dari perancangan ini yaitu memberikan informasi serta pengetahuan pada anak dan orang tua dalam mengenal bencana alam yang sering terjadi di negara kita dan juga bagaimana cara yang paling sederhana yang dapat di lakukan anak-anak dalam menghadapi keadaan itu jika terjadi di sekitar mereka.Dimana orang tua masih belum menyadari betapa pentingnya pengetahuan tentang bencana alam dan penanggulangannya bagi anak-anak mereka.Situasi ini mungkin terjadi karena kurangnya informasi dan perhatian dari generasi yang lebih tua.
Penyampaian pesan pembelajaran ini melalui media permainan board game untuk lebih dapat mengedukasi anak dalam memahami Bencana alam dan bagaimana cara menghadapinya.
DOI: https://doi.org/10.24821/srs.v0i0.205
Article Metrics
Abstract view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Jl. Parangtritis KM 6,5 Yogyakarta
email: lib@isi.ac.id website: http://lib.isi.ac.id