PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT SOSIALISASI JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT DI KABUPATEN SUKOHARJO JAWA TENGAH

Rudi Ristanto S1

Abstract


Kesehatan merupakan kebutuhan setiap orang yang harus dipenuhi untuk kelangsungan hidupnya. Karena dengan tubuh yang sehat manusia bisa melakukan aktifitas seperti beribadah, belajar, bekerja, dan melakukan aktifitas lainnya. Salah satu program yang pemerintah dalam menyediakan pelayanan kesehatan yang memadai bagi rakyat miskin adalah Jaminan Kesehatan Masyarakat (JAMKESMAS). Di Kabupaten Sukoharjo, dalam sosialisasi JAMKESMAS belum sukses, sehingga masih banyak permasalahan tentang pelayanan kesehatan untuk masyarakat miskin. Oleh karena itu, perlu sosialisasi yang lebih akurat dengan menggunakan media yang sesuai dengan target audience, tujuan dari peracangan ini adalah menyadarkan masyarakat miskin bahwa mengurus JAMKESMAS tidak sulit, dan memudahkan masyarakat miskin mendapatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas atau RumahSakit.
Analisa yang digunakan menggunakan metode 5W+1H yang ditambah dengan formula AIDCA. Dari data analisis tersebut dapat digunakan untuk mendapatkan media-media yang tepat, untuk menajamkan hasil olah data tersebut juga menggunakan analisis Consumer Insight, Consumer Journey, dan Point of Contact.
Dari hasil olah data tersebut didapatkan sebuah rangkaian perancangan iklan layanan masyarakat menjadi salah satu kampanye yang tidak hanya sekedar memberi informasi namun mengajak masyarakat untuk melakukan tindakan nyata mendapatkan pelayanan kesehatan bersama.
Kata kunci:Perancangan, Iklan Layanan Masyarakat, Sosialisasi, Jaminan Kesehatan Masyarakat, di Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah.



DOI: https://doi.org/10.24821/srs.v0i0.211

Article Metrics

Abstract view : 518 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta

Jl. Parangtritis KM 6,5 Yogyakarta

email: lib@isi.ac.id website: http://lib.isi.ac.id