KRITIK SOSIAL TENTANG PERMASALAHAN BANJIR MELALUI MEDIA FOTO IKLAN LAYANAN MASYARAKAT

Ahmad Asri Zalmi

Abstract


Berbagai permasalahan muncul pada perkembangan sebuah negara, salah satunya adalah banjir. Banjir merupakan fenomena global yang dapat menyebabkan penderitaan yang meluas, kerusakan-kerusakan ekonomi dan hilangnya nyawa manusia. Penyebab banjir antara lain adalah pembuangan sampah tidak pada tempatnya, penyempitan sungai, kurangnya daerah resapan air, dan tidak adanya peraturan yang tegas dan mengikat bagi pelanggar.
Kritik sosial merupakan sebuah bentuk komunikasi yang diungkapkan melalui media tulisan, lisan, dan visual yang bertujuan untuk mengontrol jalannya sistem sosial agar tidak terjadi penyimpangan. Ketika berbicara mengenai sebuah kritik, penyampaiannya harus sesuai dengan realitas yang ada. Salah satu media alternatif cara penyampaian kritik adalah dalam bentuk sebuah foto yang konsep dan ide penciptaannya menggunakan sistem yang runtut berdasarkan permasalahan yang ada. Hadirnya foto membuat sebuah pesan dapat disampaikan dengan mengambil elemen-elemen yang sesuai dengan target dan konsep yang akan disampaikan.
Proses pembuatan foto hingga menjadi media penyampai pesan melalui beberapa tahap, yaitu persiapan peralatan fotografi, observasi terhadap objek foto, eksplorasi konsep, dan realisasi konsep menjadi sebuah foto yang mengandung sebuah pesan moral.
Karya kritik sosial tentang permasalahan banjir melalui media foto iklan layanan masyarakat diharapkan dapat memicu elemen masyarakat terutama pemerintah untuk lebih serius menyelesaikan permasalahan banjir dari pangkalnya.
Kata kunci: kritik sosial, banjir, media, foto, iklan layanan masyarakat



DOI: https://doi.org/10.24821/srs.v0i0.555

Article Metrics

Abstract view : 8485 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta

Jl. Parangtritis KM 6,5 Yogyakarta

email: lib@isi.ac.id website: http://lib.isi.ac.id