“Smoking Ethics” Perancangan Video Iklan Layanan Masyarakat Dramatisasi Sebagai Pesan
Abstract
Jumlah perokok aktif yang semakin meningkat mengakibatkan timbulnya
masalah sosial baru yaitu tergesernya hak-hak orang yang tidak merokok
untuk mendapatkan udara bersih yang bebas dari asap rokok yang secara
langsung menjadi perokok pasif. Tidak adanya aturan tegas dari pemerintah
mengenai aturan ruang dan tempat yang bebas asap rokok membuat para
perokok aktif merasa bebas merokok dimana saja. Masih ada hak-hak yang
harus dihormati dari orang yang tidak merokok, untuk itu diperlukan sebuah
kesadaran untuk merubah itu semua. Iklan layanan masyarakat adalah iklan
dengan tujuan non komersial yang mengkritisi, menyindir, atau mengajak
untuk melakukan hal yang bersifat positif dari masalah-masalah sosial. Sebuah
iklan layanan masyarakat yang bersifat mengajak akan lebih mudah diterima
masyarakat dengan memberikan paparan fenomena sosial di sekitar tanpa
terkesan menggurui. Dramatisasi adalah merekayasa peristiwa yang biasa
menjadi lebih dari biasa seakan tidak sesuai dengan kenyataan akan tetapi
pesan yang terkandung bukan sebuah kebohongan. Visualisasi dramatisasi
pada adegan membuat penonton akan melihat pesan secara lebih mendalam
dan lebih mudah dipahami tanpa ada kesan menggurui. Dengan menggunakan
pendekatan dramatisasi sebagai penyampai pesan, video iklan layanan
masyarakat Smoking Ethics akan menyampaikan sebuah pesan secara lebih
halus.
Kata kunci: Perokok aktif, Perokok Pasif, Iklan, Dramatisasi
masalah sosial baru yaitu tergesernya hak-hak orang yang tidak merokok
untuk mendapatkan udara bersih yang bebas dari asap rokok yang secara
langsung menjadi perokok pasif. Tidak adanya aturan tegas dari pemerintah
mengenai aturan ruang dan tempat yang bebas asap rokok membuat para
perokok aktif merasa bebas merokok dimana saja. Masih ada hak-hak yang
harus dihormati dari orang yang tidak merokok, untuk itu diperlukan sebuah
kesadaran untuk merubah itu semua. Iklan layanan masyarakat adalah iklan
dengan tujuan non komersial yang mengkritisi, menyindir, atau mengajak
untuk melakukan hal yang bersifat positif dari masalah-masalah sosial. Sebuah
iklan layanan masyarakat yang bersifat mengajak akan lebih mudah diterima
masyarakat dengan memberikan paparan fenomena sosial di sekitar tanpa
terkesan menggurui. Dramatisasi adalah merekayasa peristiwa yang biasa
menjadi lebih dari biasa seakan tidak sesuai dengan kenyataan akan tetapi
pesan yang terkandung bukan sebuah kebohongan. Visualisasi dramatisasi
pada adegan membuat penonton akan melihat pesan secara lebih mendalam
dan lebih mudah dipahami tanpa ada kesan menggurui. Dengan menggunakan
pendekatan dramatisasi sebagai penyampai pesan, video iklan layanan
masyarakat Smoking Ethics akan menyampaikan sebuah pesan secara lebih
halus.
Kata kunci: Perokok aktif, Perokok Pasif, Iklan, Dramatisasi
DOI: https://doi.org/10.24821/srs.v0i0.567
Article Metrics
Abstract view : 282 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Jl. Parangtritis KM 6,5 Yogyakarta
email: lib@isi.ac.id website: http://lib.isi.ac.id