PERANCANGAN CONCEPT ART BOOK UNTUK ROLE PLAYING GAME “MARAPU: WAR OF TRIBES”

Stormy Elia Fanggidae

Abstract


Globalisasi membawa banyak perubahan bagi bangsa Indonesia, khususnya bagi generasi muda. Dengan banyaknya kebudayaan asing yang masuk, muda-mudi sangat mudah berpaling kepada hal-hal yang baru dan modern, sehingga kebudayaan Indonesia sendiri memudar. Budaya Indonesia haruslah dilestarikan, agar tetap dapat dinikmati oleh generasi selanjutnya.

Video game adalah salah satu media terbaik yang dipilih untuk dapat mengenalkan budaya dan sejarah bangsa pada pemain game dalam dan luar negeri, karena mudah digemari dan dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat, yang dimunculkan dalam Game Role Playing Game Marapu War of Tribes, yang mengangkat budaya Marapu Sumba. Concept art book Marapu: War of Tribes adalah kumpulan dari proses perancangan video game berjenis Role Playing Game untuk Personal Computer yang berisi konten budaya marapu, yang adalah kearifan lokal dari Sumba Timur, NTT yang diadaptasi dalam bentuk senjata, motif pakaian, makhluk dalam legenda Sumba, arsitektural dan lingkungan Sumba. Perancangan dimulai dengan pengumpulan data dan teori terkait dengan perancangan, meliputi teori concept art book, data tentang Sumba dan marapu, teori gaya dan teknik ilustrasi, teori tentang game, teori tentang buku, dan teori tentang cerita rakyat yang diperoleh melalui studi pustaka.

Concept art book ini mengangkat karakter dari cerita rakyat, mitos, dongeng dan legenda yang ada di Sumba, dan mengadaptasi elemen-elemen ini dengan menarik, sesuai dengan selera target usia 15 tahun keatas dan berintegrasi dengan teori dan data yang sudah dikumpulkan

 

Kata kunci: Concept art book, Ilustrasi, Marapu, Sumba, video game.




DOI: https://doi.org/10.24821/srs.v0i0.652

Article Metrics

Abstract view : 626 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta

Jl. Parangtritis KM 6,5 Yogyakarta

email: lib@isi.ac.id website: http://lib.isi.ac.id