PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT SEBAGAI KAMPANYE PELESTARIAN BAHASA JAWA KOTA YOGYAKARTA MELALUI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

Vici Tiara Anjarsari

Abstract


Penggunaan bahasa Jawa sebagai bahasa ibu bagi masyarakat Jawa Timur, Jawa Tengah, khusunya di Yogyakarta secara dini harus dilestarikan agar keberadaannya selalu terjaga dan terhindar dari kepunahan. Kurangnya perhatian dari orangtua terhadap pendidikan bahasa Jawa di lingkungan keluarga harus ditingkatkan. Upaya pelestarian bahasa Jawa di lingkungan sekolah juga memang perlu disosialisasikan, mengingat saat ini ada gejala yang menunjukkan bahwa bahasa jawa akan ditinggalkan oleh penuturnya, terutama generasi muda di kota Yogyakarta. Gejala tersebut dimulai dari hal yang sederhana, yaitu sudah jarang sekali generasi muda sebagai pewaris budaya jawa yang memiliki kemampuan berbahasa (Jawa) secara memadai. Mereka pada umumnya "lari" menggunakan bahasa Indonesia sebagai kompensasinya.

Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Kampanye Sosial ini menggunakan metode pengumpulan data dengan kuisioner dan wawancara. Hasil dari metode tersebut nantinya akan memberikan dampak dan berlanjut pada aktivitas target audience. Kemudian dari data-data yang telah didapat dan akan memecahkan masalah komunikasi pesan dalam Iklan Layanan Masyarakat ini secara komunikatif, efisien, dan estetis.

Melalui perancangan ini, dapat membuka wawasan bagaimana mendekatkan diri dan mempelajari perilaku dari Target Audience yang ada di Kota Yogyakarta. Target Audience dijadikan sumber utama dalam melakukan analisis untuk mewujudkan konsep media dan konsep kreatif dari media- media kampanye yang nantinya akan digunakan. Sehingga media- media yang terpilih dapat bersinergi dengan gaya hidup dan keseharian Target Audience.

Perancangan kampanye sosial ini diharapkan dapat memberi alternatif pendekatan Iklan Layanan Masyarakat terutama masalah pelestarian bahasa Jawa kota Yogyakarta. Dengan adanya perancangan ini masyarakat diajak untuk berpikir dalam mencerna pesan yang disampaikan melalui cara yang berbeda yaitu memanfaatkan berbagai sisi dalam kehidupan yang ada dibenak masyarakat khususnya generasi muda jaman sekarang (insight). Pemakaian insight akan memudahkan target audience untuk mencerna pesan karena mereka bisa melihat diri mereka sendiri dalam pesan yang disampaikan lewat media-media yang di gunakan dalam bersosialisasi.

 

Keyword : DKV, ILM, Bahasa Jawa, Budaya Jawa, Kota Yogyakarta



DOI: https://doi.org/10.24821/srs.v0i0.705

Article Metrics

Abstract view : 692 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta

Jl. Parangtritis KM 6,5 Yogyakarta

email: lib@isi.ac.id website: http://lib.isi.ac.id