Goresan Anak-Anak Sebagai Ide Penciptaan Seni Lukis
Abstract
Kenangan pada masa kanak-kanak seringkali muncul mengganggu pikiran, bahkan terkadang menjadi tekanan didalam batin. Ada semacam kerinduan didalam diri tentang permainan pada masa lalu, dalam hal ini berkaitan dengan permainan psikomotorik yang imajinatif yaitu permainan menggores, mencoret-coret atau menggaris pada sebuah bidang. Menyadari bahwa tidak mungkin kembali lagi pada masa itu, maka salah satu cara penyelesaikan pesoalan kerinduan pada masa lalu adalah dengan cara bermain-main lagi dengan goresan seperti pada masa kanak-kanak tersebut. Goresan anak-anak yang selama ini dianggap hal yang biasa saja karena bentuk atau goresannya yang sederhana ternyata ketika diaplikasikan kedalam sebuah karya seni lukis sangatlah menarik, ini dikarenakan sifat goresan anak-anak yang spontan, lugu dan eksperimental sehingga menghadirkan hal-hal yang tidak terpikirkan sebelumnya. Goresan anak-anak ini kemudian dipakai sebagai tema dalam tugas akhir ini dengan cara mengeksplorasi kembali keragaman goresan anak-anak sehingga dapat menyampaikan isi pikiran maupun perasan yang terkandung didalam batin sehingga menjadi sarana terapi psikologis dalam menghadapi persoalan dewasa ini yang semakin komplit. Lukisan diciptakan dengan cara menggerak-gerakan garis seperti pada masa kanak-kanak sehingga menghadirkan bentuk sederhana yang disebabkan adanya perbedaan intensitas dalam menggaris atau mencorat-coret meskipun terkadang adakalanya goresan itu terlihat hanya sebagai goresan yang artistik.
Kata kunci : seni lukis, goresan anak-anak, terapi psikologis
References
http://digilib.isi.ac.id
DOI: https://doi.org/10.24821/srs.v0i0.835
Article Metrics
Abstract view : 348 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Jl. Parangtritis KM 6,5 Yogyakarta
email: lib@isi.ac.id website: http://lib.isi.ac.id