Gaya Hiperbola Dalam Iklan Layanan Masyarakat “Mendekatkan Yang Jauh, Menjauhkan Yang Dekat
Abstract
Teknologi komunikasi berkembang dengan sangat pesat sejak kemunculan internet, termasuk media sosial. Media sosial dapat mempermudah komunikasi antar orang bahkan komunikasi antar orang yang berada pada jarak yang jauh. Media sosial dapat mengakibatkan candu jika digunakan secara berlebihan. Sikap candu inilah yang menyebabkan orang menjadi asyik dengan media sosial dan tidak peduli dengan keadaan nyata di sekitarnya. Oleh karena itu diperlukan kesadaran agar orang menggunakan media sosial secara bijak. Iklan layanan masyarakat adalah iklan dengan tujuan nonkomersil yang mengkritisi dan menyindir tentang masalah-masalah sosial, serta mengajak untuk melakukan hal positif dari masalah-masalah sosial yang ada tersebut. Sebuah iklan layanan masyarakat yang bersifat mengajak akan lebih mudah diterima masyarakat dengan memberikan paparan fenomena sosial disekitar. Hiperbola merupakan suatu keadaan yang dilebih-lebihkan. Sebuah iklan mengandung pesan yang digambarkan dengan adegan hiperbola akan menimbulkan kesan dan mudah diingat oleh penonton, sehingga penonton menjadi lebih mudah menangkap dan mengingat pesan yang ada dalam iklan ini. Iklan layanan masyarakat “Mendekatkan yang Jauh, Menjauhkan yang Dekat” ini dibuat dengan pendekatan gaya hiperbola agar penonton dapat terkesan dengan iklan ini dan dapat menangkap pesan yang disampaikan melalui iklan layanan masyarakat ini dengan mudah.
Kata kunci : media sosial, iklan, hiperbola
References
http://digilib.isi.ac.id/
DOI: https://doi.org/10.24821/srs.v0i0.911
Article Metrics
Abstract view : 611 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Jl. Parangtritis KM 6,5 Yogyakarta
email: lib@isi.ac.id website: http://lib.isi.ac.id