Perancangan Video Instruksional Aplikasi Praktis Teknik Aikido Dengan Pendekatan Naratif
Abstract
Video instruksional merupakan karya seni yang mengutamakan unsur edukasi, karena instruksional itu sendiri adalah kegiatan pengajaran atau metode yang digunakan untuk kegiatan belajar-mengajar. Video instruksional Aikido bertujuan untuk mensosialisasikan seni bela diri Aikido dan mengajarkan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kepada masyarakat, sehingga dapat menjadi sebuah program audiovisual yang edukatif serta aplikatif. Seni bela diri Aikido adalah seni bela diri yang kental dengan falsafah-falsafah kehidupan yang berlandaskan pada konsep kasih. Prinsip ini diterapkan pada gerakannya yang tidak melawan kekuatan dengan kekuatan tetapi mengarahkan kekuatan lawan untuk kemudian menundukannya. Video instruksional Aikido yang menyampaikan materi terapan teknik Aikido menggunakan pendekatan naratif yang diwujudkan dalam bentuk drama. Drama mengangkat cerita tentang keingintahuan dua Aikidoka mengenai penerapan teknik Aikido dalam pertarungan nyata. Dengan menggunakan pendekatan naratif yang berbentuk drama fiksi dan mengangkat peristiwa tindakan brutalisme, kekerasan, kriminalitas, dan semacamnya, penonton dapat memperkirakan validitas informasinya. Video instruksional Aikido dengan pendekatan naratif direalisasikan menggunakan proses produksi multi camera tanpa vision mixer, dengan tata cahaya high key, dan menggunakan dua setting lokasi in door dan out door. Sedangkan pemeran utama sebagai penggerak cerita yang juga sangat berperan dalam proses penyampaian materi, diperankan langsung oleh para praktisi Aikido.
Kata kunci : Video Instruksional, Aikido, Naratif
References
http://digilib.isi.ac.id/
DOI: https://doi.org/10.24821/srs.v0i0.931
Article Metrics
Abstract view : 531 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Jl. Parangtritis KM 6,5 Yogyakarta
email: lib@isi.ac.id website: http://lib.isi.ac.id