Penciptaan Film Animasi Berbasis Riset Arkeologi “Liyangan” sebagai Bentuk Literasi Budaya

Nissa Fijriani, Arif Sulistyono, Alfan Setyawan

Abstract


Situs Liyangan adalah salah satu temuan kepingan sejarah yang mendapat perhatian besar terutama di Jawa Tengah. Wilayah Situs Liyangan dapat menggambarkan kehidupan nenek moyang pada masa Mataram Kuno. Upaya literasi sangatlah mudah didekati dengan media film animasi, terutama untuk anak berusia 8 tahun ke atas. Materi riset hasil penelitian arkeologi yang terkesan berat dan membosankan dikemas dengan aspek naratif yang disesuaikan dengan target audiens  dengan strategi penyajian media film animasi. Proses penciptaan film animasi “Liyangan” dilakukan dengan mengacu pada tahapan produksi yakni tahap development, pra-produksi, produksi, pasca-produksi, dan distribusi. Film animasi ini akan menjadi alat peraga pendidikan sebagai bentuk literasi budaya yang didistribusikan melalui program Rumah Peradaban serta dipublikasikan di kanal YouTube supaya dapat dinikmati oleh masyarakat.


Keywords


Literasi budaya, film animasi, Liyangan.

Full Text:

PDF

References


Ibrahim, G. A., Zabadi, F., & Ismadi, H. D. (2017). Peta Jalan Gerakan Literasi Nasiona. Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah.

Nurmaningsih. (2013). Pengembangan Media Animasi Biologi dan Efektivitasnya Terhadap Peningkatan Minat serta Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 7 Mataram. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1, 91–100. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpms.v1i1.12485

Peter W. Rea and David K. Irving. (2010). Producing and Directing the Short Film and Video. Focal Press.

Pratama, A. (2018). Pembuatan Film Animasi sebagai Media Pendidikan Literasi bagi Anak Sekolah Dasar. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 7(2), 1–11. https://doi.org/10.24036/102344-0934

Riyanto, S. (2020). Situs Liyangan dan Sejarahnya: Peradaban Adiluhung di Lereng Gunung. Balai Arkeologi Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. https://repositori.kemdikbud.go.id/19360/1/Situs Liyangan dan Sejarahnya - Peradaban Adilihung di Lereng Gunung

S. Anwar, F. E. Schadaw, and A. A. (2018). PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN BAHASA SUNDA UNTUK ANAK – ANAK METODE ADDIE. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 3 No. 2, 102–195. https://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/jitk/article/view/348

Ulum, M. I., & Animasi, M. V. (n.d.). Pengembangan Media Video Animasi dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Berbasis Psychowriting Kelas VIII B Mts Ihyaul Ulum Dukun Gresik PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI BERBASIS PSYCHOWRITING KELAS VIII B MT. 1, 1–6.




DOI: https://doi.org/10.24821/sense.v8i1.15151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats.


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License.

gacor22