Visual dan Naratif Perempuan dalam Film Edge of Tomorrow

Muhammad Baihaqi Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana karakter perempuan, khususnya tokoh Rita Vrataski dalam film Edge of Tomorrow (2014), direpresentasikan melalui struktur visual dan naratif. Studi ini menyelidiki dinamika representasi gender dalam tujuh adegan film penting dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif interpretatif, serta teori semiotika utama Roland Barthes dan kerangka visual Laura Mulvey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, meskipun Rita digambarkan pada awalnya sebagai sosok perempuan yang kuat dan heroik, posisinya dalam cerita secara bertahap berubah menjadi tokoh pendukung bagi protagonis laki-laki, Mayor Cage. Visualisasi Rita dibangun dalam kerangka estetika maskulin yang menjadikannya simbol harapan sekaligus objek naratif. Penelitian ini menemukan bahwa representasi perempuan dalam film fiksi ilmiah aksi sering menyebabkan paradoks: tokoh perempuan memiliki fisik yang kuat tetapi tetap dibingkai dalam struktur cerita dan visual yang dikendalikan oleh sudut pandang laki-laki. Untuk memahami konstruksi gender dengan lebih baik dan bebas dari simbolisme yang bercampur, penelitian ini menyarankan agar film populer diperiksa secara kritis.

 


Keywords


Representasi Perempuan; Film Fiksi Ilmiah; Semiotika; Visualisasi Karakter; Analisis Gender

Full Text:

PDF

References


Fahida, S. N. (2021). Analisis Semiotika Roland Barthes pada Film “Nanti Kita Cerita Hari Ini” (NKCTHI) Karya Angga Dwimas Sasongko. Journal Anthology of Film and Television Studies, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/ftv-upi.v1i2.40622

García, B. M., Franco, Y. G., & Ángel, I. T. (2024). Artificial women in science fiction film. Revista Latina de Comunicacion Social, 2024(82). https://doi.org/10.4185/rlcs-2024-2257

Parvez, Y. (2023). Gender Representation in Female Superhero Movies. Global Journal of Human Social Science, 23(3).

Kac-Vergne, M. (2016). Sidelining Women in Contemporary Science-Fiction Film. Miranda, 12. https://doi.org/10.4000/miranda.8642

Lei, C., & Azahari, M. H. (2024). “Everything Everywhere All at Once” Through Mulvey’s Feminist Perspective. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 14(7). https://doi.org/10.6007/ijarbss/v14-i7/21963

Senaharjanta, I. L., Surahman, S., & Fendista, S. (2022). Representasi Pergolakan Batin Perempuan Dalam Film Little Women : Analisis Wacana Kritis Sara Mills. Journal of Film and Television Studies : Sense, 5(1). https://doi.org/10.24821/sense.v5i1.7002

Mulvey, L. (1975). Visual Pleasure and Narrative Cinema (Vol. 16). https://doi.org/10.1093/screen/16.3.6

Permatasari, M. S., & Amalia, D. (2022). Penyintas Kekerasan Seksual dalam film penyalin cahaya. Jurnal Komunikasi 8(2). https://doi.org/10.52434/jk.v8i2.1846

Rahman, M. A. W. N., & Fikri, M. A. (2024). Representation of Feminism in the Film Sri Asih Representasi Feminisme pada Film Sri Asih. Jurnal UMSIDA, https://doi.org/10.21070/ups.6276

Hans, J. S. (1978). The Journal of Aesthetics and Art Criticism (Vol. 37, Issue 2). Wiley on behalf of The American Society for Aesthetics. https://doi.org/10.2307/429854

Mustofa, N. S., Maemunah, S., & Kustanto, L. (2019). Analisis Makna Tanda Pada Film Kartini : Resistensi Perempuan Jawa Terhadap Budaya Patriarki. Journal of Film and Television Studies : Sense, 2(1). https://doi.org/10.24821/sense.v2i1.5074

Mulyani, E. S., & Yuwono, A. P. (2024). Representasi Feminisme Perempuan Pada Film Barbie 2023 (Analisis Semiotika Roland Barthes). Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1). https://doi.org/10.20961/basastra.v12i1.81985

Surahman, S. (2014). Representasi Perempuan Metropolitan Dalam Film 7 Hati 7 Cinta 7 Wanita. Jurnal Komunikasi, 3(1). https://doi.org/10.30656/lontar.v3i1.352




DOI: https://doi.org/10.24821/sense.v8i2.15714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.</