MEMBANGUN VISUAL STORYTELLING DENGAN KOMPOSISI DINAMIK PADA SINEMATOGRAFI FILM FIKSI “ASMARADANA”

Tri Adi Prasetyo, Dyah Arum Retnowati, Latief Rakhman Hakim

Abstract


Karya tugas akhir penciptaan seni yang berjudul Membangun Visual Storytelling Dengan Komposisi Dinamik Pada Sinematografi Film Fiksi “Asmaradana” merupakan sebuah karya film pendek yang mengangkat kisah sepasang suami istri yang baru saja menikah. Konflik utama yang terjadi adalah tokoh Jaya selalu mengorbankan perasaan dan fisiknya demi bukti cinta kepada tokoh Ratih, tetapi justru Ratih mengalami atau menderita sebuah kelainan seksual.

Secara umum film dapat dibagi atas dua unsur pembentuk yakni, unsur naratif dan unsur sinematik. Di dalam unsur sinematik terbagi menjadi beberapa bagian yaitu sinematografi, mise-en-scene, editing, dan suara. Sinematografi dapat dikatakan sebagai menulis dengan cahaya ke dalam sebuah gerakan gambar, sehingga sangat bergantung serta berhubungan erat pada bidang fotografi.

Konsep estetik pada penciptaan karya seni film fiksi “Asmaradana” menggunakan komposisi dinamik sebagai media untuk membangun sebuah visual storytelling pada film fiksi. Visual Storytelling adalah penyampaian cerita secara naratif melalui urutan kejadian-kejadian tertentu dengan menggunakan image- image visual atau grafik, baik bergerak maupun diam. Penggunaan komposisi dinamik pada sinematografi film fiksi “Asmaradana” bertujuan untuk menyampaikan ketidakharmonisan antar karakter tokoh cerita, melalui dominasi ukuran dan posisi objek utama pada penataan elemen-elemen visual komposisi gambar di dalam bidang sinematografi.


Full Text:

PDF

References


Blain, Brown. 2011. Cinematography: theory and practice: image making for cinematographers and directors, USA: Focal Press.

Block, Bruce. 2008. The Visual Story: Creating The Visual Structure of Film, TV, and Digital Media, USA: Focal Press.

Bordwell, David. Kristin, Thompson. 2008. Film Art: An Introduction, Mc Graw – Hill Companies.

Caputo, Tony. 2003., Visual Storytelling: The Art and Technique, New York: Somerset.

Drever, James. Terjemahan Nancy Simanjuntak dari the penguin dictionary of psychology. 1998. Kamus Psikologi, Jakarta: Bina Aksara.

Effendy, Heru. 2014. Mari Membuat Film, Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Fromm, Erich. 2005. The Art of Loving, Jakarta: Harper Perennial Modern Classics.

Harymawan, RMA. 1988. Dramaturgi, Bandung: Rosda.

Kartono, Kartini. 2009. Psikologi Abnormal Dan Abnormalitas Seksual, Mandar Maju.

Mascelli, A.S.C. Joseph V. 2010. Angle Kontiniti – Editing - Close up - Komposisi dalam Sinematografi, Jakarta: FFTV IKJ.

Pratista, Himawan. 2008. Memahami Film, Yogyakarta: Homerian Pustaka.

Pratista, Himawan. 2017. Memahami Film edisi Kedua, Yogyakarta: Montase Film.

Rabiger, Michael. 2003. Directing Film Techniques and Aesthetics, USA: Focal Press.

Sugiarto, Atok. 2014. Color Vision: Panduan Bagi Fotografer dalam Memahami dan Menggunakan Warna, Jakarta: Kompas.

Thompson, Roy. 1998. Grammar of the Shot: second edition, Woburn: Focal Press.

Tim Penyusun Kamus, Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Daftar Sumber Online

Arief, R. Pribadi. Tekstur cahaya Chiaroscuro dalam sinematografi. Jakarta: SKKNI Sinematografer Indonesia, 2014. http://Sekolahfilm.com, diakses 5 Juni 2017.

Arief, R. Pribadi. Bahasa dalam bingkai. Jakarta: SKKNI Sinematografer Indonesia, 2014. http://sekolahfilm.com, diakses 5 Juni 2017.

Eicar The International Film and Television School Paris. Glossary. http://www.eicar-international.com/definition-visual-storytelling.html, diakses 27 Juni 2017.

http://kesolo.com/macapat-asmaradana-kekuatan-api-cinta.html, diakses 2 Januari 2018.

Kodak Cinematografi. http://www.kodak.com/go/training.html, diakses 5 Juni 2017.

Renne, V. 2014. http://nofilmschool.com/2014/12/5-techniques-create-depth- make- cinematography-more-dynamic.html, diakses 13 Desember 2016.

Simple, Developing and Complex Shots. “Notes and Exercises.” DFPR1101 Beth.https://sites.google.com/site/dfpr1101beth/projects-and- exercises/07-sound-elements.com, diakses 4 September 2017.

UKessays. Essays. Film Studies. “Visual Storytelling in Films.” https://www.ukessays.com/essays/film-studies/visual-storytelling-in- films.php, diakses 5 September 2017.




DOI: https://doi.org/10.24821/sense.v1i2.3492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sense : Journal of Film and Television Studies



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

View My Stats

 

slot gacor

situs slot

bolacasino88

royalqq

paham777

https://yayinevi.atauni.edu.tr/

slot

https://www.thekennedycenteroshkosh.com/contact/

slot gacor

slot deposit 10k

slot gacor

slot gacor

manilabet365

ino777

slot gacor

teguh777

togel macau

kunjungi agen situs judi kenzototo.

kunjungi agen situs judi kenzototo.

slot gacor

slot

slot gacor

situs slot gacor

toto macau

vadicasino

slot

Sotong 88 login

slot gacor

SBCTOTO

slot gacor

mu138 login

vega168

SITUS SLOT GACOR

Surga11 Link

slot online

slot

aplikasi slot

Bandar SBOBET

https://recoveryemirate.com/

neng4d

server Thailand

FAFA828

Slot

slot

nixtoto

bwo99

racik 198

sakti55 slot

kenahoki

naga15 login

slot gacor

Joker81 Link Alternatif

slot88

mesinqq

slot

yaho777

Situs Nexus Engine

slot

rajapoker

mpo slot

Surga88

Situs Slot Nona88

slot gacor

kilau4d

kilau4d

pusat4d

link slot gacor gampang maxwin