MEMBANGUN SUBJEKTIVITAS PENONTON MELALUI PENDEKATAN INTERAKTIF PADA PENYUTRADARAAN FILM MOCKUMENTARY “BOOKING OUT”

Fuad Hilmi Hirnanda, Endang Mulyaningsih, Gregorius Arya Dhipayana

Abstract


ABSTRAK

            Film mockumentary merupakan suatu bentuk film yang menyimulasikan gaya film dokumenter untuk menceritakan suatu bentuk naratif tertentu, maksud dari menyimulasikan yaitu bentuk film fiksi yang menggunakan teknik film dokumenter untuk mewujudkannya. Film jenis ini mampu menghadirkan suatu realita, fakta, argumentasi serta bentuk refleksi dari filmmaker melalui narasi dramatis yang dibangun. Subjektivitas penonton dibangun melalui persepsi mereka akan bentuk film ini. Film “Booking Out” mengangkat isu seksualitas di masyarakat Indonesia, khususnya prostitusi online yang semakin marak seiring dengan perkembangan teknologi. Melalui karakter Udin, diceritakan bagaimana seorang pelaku penipu berkedok prostitusi online menjalakan aksinya. Penciptaan karya film ini diwujudkan menggunakan pendekatan interaktif,  ditunjung melalui akting impersonator, casting by type, penggunaan tata kamera dynamic shot dan subjective shot. Konsep ini akan membentuk konstruksi dokumenter yang dapat memberikan kedekatannya dengan penonton. Penonton akan dibawa melalui dokumentasi kehidupan Udin dan keluarganya agar ikut merasakan interaksi terhadap tokoh-tokoh pada film hingga momen-momen kejadian yang terekam pada kamera.

 

Kata kunci: Penyutradaraan, Film Mockumentary, Pendekatan Interaktif, Subjektivitas


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Atmasasmita, Romi. 1995. Kapita Selekta Hukum Pidana dan Kriminologi. Bandung: Mandar Maju.

Bordwell, David. 2008. Film Art: an Introduction. New York: Mcgraw Hill

Dancyger, Ken. 2006. The Director’s Idea: The Path to Great Directing. USA: CRC Press.

Hight, Craight. 2016. Television Mockumentary: Reflexifity, Satire, And A Call To Play. Manchester: Manchester University Press.

Hight, Craigt, dan Roscoe. 2001. Faking It: Mock-documentary and the Subversion of Factuality. Manchester: Manchester University Press.

Livingstone, Don.1984. Film and The Director. Terjemahan Masfil Nurdin.

Mascelli, Joseph V. 2010. The Five C’s Cinematography. Los Angeles:Silman-James Press.

Nichols, Bill. 2001. Introduction to Documentary. USA:Indiana University Press.

Pratista, Himawan. 2008. Memahami Film. Yogyakarta: Montase Press.

Rabiger, Michael. 2003. Directing Film Techniques and Aesthetics. USA: Focal Press

Silverman. 1993. Questioning Foundation: Truth / subjectivity/ cultur. USA: Routledge.

Ward, Peter. 2003. Picture Composition for Film and Television. Milton Park: Taylor & Francis.

Wibowo, Fred. 1997. Dasar-dasar produksi televisi. Indonesia: PT. Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.24821/sense.v3i1.5092

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sense : Journal of Film and Television Studies



View My Stats.


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License.