Pemaknaan Stereotip Gender dan Kelas Sosial pada Fiml ''Little Woman''

Luluk Ulhasanah

Abstract


ABSTRAK

Stereotip gender dan kelas sosial masih menjadi isu besar yang seringkali diangkat kedalam sebuah medium film. Film menjadi medium yang cukup populer untuk menyampaikan sebuah informasi. Jadi, film tidak semata-mata hanya sebuah hiburan namun juga berisi sebuah pesan dari para pembuatnya yang disusun semenarik mungkin agar penonton tetap mendapat suatu hiburan serta pelajaran dari film tersebut. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bentuk representasi stereotip gender dan kelas sosial dalam film Little Women yang disutradarai oleh Greta Gerwig.

Little Women tidak hanya bercerita tentang perjalanan hidup para tokohnya dari remaja hingga dewasa, namun juga bercerita para tokoh ini berhadapan dengan stereotip gender dalam konstruksi sosial budaya di masyarakat dan kelas sosial di lingkungannya. Hal ini ditunjukkan dalam berbagai scene dalam film, yang diteliti dari aspek visual berupa latar tempat, suasana, penggambaran tokoh dari segi kostum dan make up, hingga dialog yang diucapkan para tokohnya.

 

Kata-kata kunci: Film, Stereotip Gender, Kelas Sosial


Full Text:

PDF

References


Barthes, Roland. 2017. Elemen-Elemen Semiologi. Yogyakarta: Basabasi.

Bordwell, David dan Kristin Thompson. 2010. Film History: An Introduction. Edisi ketiga. New York: McGraw-Hill Companies Inc.

Franzoi, S. L. 2008. Social Psychology. New York: McGraw-Hill Companies.

LeeAnn White. 2000. The Civil War as a Crisis in Gender: Augusta, Georgia, 1860-1890. Athena: University of Georgia Press.

Pratista, Himawan. 2017. Memahami Film. Edisi kedua. Yogyakarta, Montase Press.

Pujileksono, Sugeng. 2015. Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Malang: Kelompok Intrans Publishing.

Sasongko, Sundari S. 2009. Konsep dan Teori Gender. Jakarta: BKKBN.

Wollen, Peter. 1972. Signs and Meaning in the Cinema. Edisi revisi ketiga. London: Indiana University Press




DOI: https://doi.org/10.24821/sense.v3i1.5100

Article Metrics

Abstract view : 1375 times
PDF - 1983 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sense : Journal of Film and Television Studies



View My Stats.


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License.