Perancangan Film Pendek yang Berjudul “Ask Myself”
Abstract
Artikel ini ditujukan kepada masyarakat khususnya mahasiswa/i yang masih terjebak dalam perilaku konsumtif dimana adanya teknologi yang semakin canggih membuat semua hal menjadi lebih praktis seperti dalam hal menyampaikan informasi melalui film dan berbelanja online terutama dimasa pandemi ini. Adanya pengetahuan yang kurang dalam mengelola keuangan serta ketidakmampuan dalam mengontrol diri terhadap lingkungan serta promo atau diskon yang ditawarkan, membuat masyarakat berperilaku konsumtif dan menghabiskan uang mereka sebelum akhir bulan terutama dikalangan remaja akhir dengan rentang umur 17-25 tahun. Dimana remaja akhir mengalami peningkatan kebutuhan dan menyebabkan mereka terpengaruh dengan lingkungan sekitar khususnya teman sebaya. Tak hanya sebagai hiburan, film pendek dapat digunakan sebagai media informasi yang semakin diminati oleh masyarakat. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dalam artikel ini. Dan dapat disimpulkan bahwa memberikan sebuah informasi untuk menghimbau dan mengedukasi masyarakat luas terutama yang berusia 17-25 tahun, yang masih terjebak dalam perilaku konsumtif untuk dapat mengetahui cara mengurangi atau mengatasi hal tersebut melalui media film pendek.
Full Text:
PDFReferences
Afifi, J. (2018). Bisa Saving, tapi Tetap Shopping (Nadhivah (ed.)). Laksana.
Ambar. (2017). 20 Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli. PakarKomunikasi.Com. https://pakarkomunikasi.com/pengertian-media-sosial-menurut-para-ahli#:~:text=Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli Komunikasi&text=Varinder Taprial dan Priya Kanwar,lain-lain dengan orang lain.
Amin, M. Al, & Juniati, D. (2017). KLASIFIKASI KELOMPOK UMUR MANUSIA BERDASARKAN ANALISIS DIMENSI FRAKTAL BOX COUNTING DARI CITRA WAJAH DENGAN DETEKSI TEPI CANNY. Jurnal Ilmiah Matematika, 2(6). https://media.neliti.com/media/publications/249455-none-23b6a822.pdf
Anggraini, R. T., & Santhoso, F. H. (2017). Hubungan antara Gaya Hidup Hedonis dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja. GADJAH MADA JOURNAL OF PSYCHOLOGY, 3(3). https://journal.ugm.ac.id/gamajop/article/view/44104/23971
Apriadi, A. Y., Deni, & Saputra. (2017). ECommerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. RESTI, 1(2).
Baksin, A., & Warsidi, E. (2003). Membuat film indie itu gampang. Katarsis.
Ballarotto, G. V. (2018). Adolescent Internet Abuse: A Study on the Role of Attachment to Parents and Peers in a Large Community Sample. Journal BioMed Research International, 1–10.
CNN Indonesia. (2020). Belanja Online Naik 400 Persen Saat Musim Corona. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200707172450-92-521925/belanja-online-naik-400-persen-saat-musim-corona
Effendy. (2003). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. PT. Citra Aditya Bakti.
Fatmawati, N. (2020). GAYA HIDUP MAHASISWA AKIBAT ADANYA ONLINE SHOP. 29(1).
Fitriah, M. (2018). Komunikasi Pemasaran Melalui Desain Visual. In Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Budi Utama. http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41814
Habybillah, M., Wahyono, H., & Haryono, A. (2016). Pengaruh Pendidikan Ekonomi di Lingkungan Keluarga, Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Financial Literacy Intermediasi melalui Gaya Hidup Terhadap Sikap Hidup Hemat Siswa MA Negeri II Kota Batu Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi.
Javandalasta, P. (2021). 5 Hari Mahir Bikin Film. Batik Publisher. https://play.google.com/store/books/details/Panca_Javandalasta_5_Hari_Mahir_Bikin_Film?id=SqQlEAAAQBAJ
Kusrianto adi. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Andi Offset.
Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., & Ranny, R. (2017). Perilaku Konsumtif Dikalangan Remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2). https://doi.org/10.29210/3003210000
McQuail’s, D. (2010). McQuail’s Mass Communication Theory. 6th edition. Sage Publications.
Pangestuti, W. N. (2019). DINAMIKA PSIKOLOGI GAYA HIDUP HEMAT DIKALANGAN MAHASISWA.
Satriani, P. (2018). Pengaruh Penghasilan dan Gaya Hidup Terhadap Tingkat Konsumsi Mahasiswa IAIN Bengkulu (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam). IAN Bengkulu.
Sobur, A. (2003). Semiotika Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.
Sumartono. (2002). Terperangkap dalam iklan. Alfabeta, CV.
Wahyuni. (2016). Gaya Hidup Remaja Kelas Menengah Kota Pekalongan. 5(1).
Weisarkurnai, B. F. (2017). Representasi Pesan Moral Dalam Film Rudy Habibie Karya Hanung Bramantyo (Analisis Semiotika Roland Barthes). Jom Fisip, 4(1), 1–15. https://media.neliti.com/media/publications/205964-representasi-pesan-moral-dalam-film-rudy.pdf
DOI: https://doi.org/10.24821/sense.v4i2.5425
Article Metrics
Abstract view : 1508 timesPDF - 1279 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Sense : Journal of Film and Television Studies
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.