Peran Perubahan Karakter Tokoh Utama Dalam Membangun Suspense Pada Film “Posesif”

Lina Itafiana, Endang Mulyaningsih, Dyah Arum Retnowati

Abstract


ABSTRAK

Film Posesif dikategorikan sebagai film romantic suspense pertama di perfilman Indonesia. Posesif menjadi salah satu dari banyak sisi kehidupan remaja yang dieksplorasi dan dikemas dalam bentuk film layar lebar. Posesif menawarkan keunikan cerita dari drama cinta remaja kebanyakan yang terlalu picisan dan sangat kental dengan stereotipe happy ending. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan mendeskripsikan cerita dalam bentuk treatment dan mengarakteristikan tokoh Lala. Adegan yang telah direduksi dipaparkan dalam bentuk potongan gambar dari film Posesif terkait peran karakter tokoh Lala. Selanjutnya menemukan hambatan, resiko serta foreshadowing sebagai pembangun suspense pada setiap adegan. Kemudian menganalisis keterkaitan dua variabel tersebut dengan teori yang menjadi landasan penelitian. Hasil kajian ditemukan ditemukan adanya peran karakter dalam narasi pada tokoh Lala diantaranya: Donor, Penolong, Pengirim, Putri, dan Pahlawan Palsu. Setiap perubahan yang terjadi membangun adanya suspense yang menimbulkan gerak dramatik pada cerita, sehingga menciptakan suatu keadaan dimana perhatian penonton menjadi lebih tinggi.  

Kata Kunci: Film Posesif, Karakter, Suspense, Vladimir Propp

 

ABSTRACT

“Posesif” film is categorized as the first romantic suspense movie in the Indonesian film industry. Possessive become one of many teenage life facets that are explored and packed in a big-screen movie form. “Posesif” offers a unique story from teenage love dramas that usually are too cheap and thick with the stereotype of a happy ending. This research is qualitative research with a descriptive approach by describing the story in a treatment form and characterized Lala’s character. The scene that has been reduced is presented in the form of pictures cut from the “Posesif” film related to the characteristic role of Lala’s character. Next find obstacles, risks, and foreshadowing as suspense builder in every scene. Then analyze the correlation between these two variables with the basic theory of the research. The results of the study found a character role in the narrative of Lala’s character, including Donor, Helper, Dispatcher, Princess, and False Hero. Every change that occurs develops suspense that raises dramatic motions to the story, which creates a situation where the audience’s attention becomes higher.

Keywords: Film Posesif, Character, Suspense, Vladimir Propp


Keywords


Film Posesif; Character; Suspense; Vladimir Propp

Full Text:

PDF

References


Biran, H. Misbach. Teknik Menulis Skenario Film Cerita. Jakarta: PT. Pustaka Jaya. 2006.

Boogs, Joseph M. Cara Menilai Sebuah Film (The Art of Watching Film).Jakarta: Yayasan Citra. 1992.

Bordwell and Thompson. Film Art : An Introduction. New York: Mc Graw-Hill. 2008.

Egri, Lajos. The Art Dramatic Writing. US: Simon & Schuster, Inc. 1960.

Eriyanto. Analisis Naratif: Dasar-dasar dan Penerapannya dalam Analisis Teks Berita Media. Jakarta: Prenamedia Group. 2003.

Harymawan, RMA. Dramaturgi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 1993.

Irwansyah, Ade. Seandainya Saya Kritikus Film. Homerian Pustaka. Yogyakarta. 2009.

Lutters, Elizabeth. Kunci Sukses Menulis Skenario. Jakarta: PT Grasindo. 2010.

Mabruri KN, Anton. Manajemen Produksi Program acara TV format Drama. Jakarta : PT Grassindo. 2013.

Miles, Matthew B & Huberman, A M. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press. 2007

Moleong, Lexy. J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2017.

Nurgiyantoro, Burhan. Teori Pengkajian Fiksi. Gadjah Mada University Press: Daerah Istimewa Yogyakarta. 2015.

Pratista, Himawan. Memahami Film. Yogyakarta: Homerian Pustaka. 2008.

Seger, Linda. Making a Good Script Great. New York: Samuel French Trade. 1987.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2011.

Wibowo, Panji, Indrarto Totot, Devina Sofiyanti. Modul Penyutradaraan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Pusat Pengembangan Perfilman. 2017. Yogyakarta: Institut Seni Indonesia Yogyakarta. 2017.

Abdillah, Jakfar Inmas. Analisis Karakter Antagonis Utama pada Sinetron Cinta dan Rahasia Season 1 Di NET TV Versi Vladimir Propp. Yogyakarta: ISI Yogyakarta. 2018.

Delimayanti, Rahma Lisdya. Analisis Peran Konflik Tokoh Utama dalam Membangun Suspense pada Film Amores Perros. Yogyakarta: ISI Yogyakarta: 2018.

Esta, Syavira Aurastri Nucifera. Analisis Pola Plot dalam Membangun Suspense pada Film Vantage Point. Yogyakarta: ISI Yogyakarta: 2019

Wahyuni, Sri. Analisis Konflik Melalui Relasi Karakter Tokoh Utama Pada Film Sang Penari. Yogyakarta: ISI Yogyakarta. 2017.

Yuliatik, Ella. Perkembangan Karakter 3 Dimensi Tokoh Mada Dalam Film Haji Backpacker Berdasarkan Pola Struktur Naratif. Surakarta: ISI Surakarta. 2018.

Jufanny, Desvira. & Girsang, Lasmery RM. Toxic Masculinity Dalam Sistem Patriarki (Analisis Wacana Kritis Van Dijk Dalam Film “Posesif”). Jurnal Komunikasi, Universitas Bunda Mulia, 2020.

Rifwan, A.M Ibrahim. Purnama, Hadi. Analisis Naratif Film Captain America : The First Avengers (Analisis Naratif dengan Teori Vladimir Propp). Jurnal Komunikasi, Telkom University, 2015.

Sari, Ratih Juwita. Peran Perubahan Karakter Tokoh Utama Dalam Pembangunan Tahapan Tangga Dramatik Pada Film Split. Skripsi, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, 2018.




DOI: https://doi.org/10.24821/sense.v4i2.6772

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Lina Itafiana, Endang Mulyaningsih, Dyah Arum Retnowati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats.


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License.