Analisis Efek Kejutan atas Penerapan Restricted Narration dalam Plot Film “The Handmaiden”

Anisa Wahyuningsih, Siti Maemunah, Gregorius Arya Dhipayana

Abstract


Dalam penerapannya, restricted narration dapat menimbulkan efek kejutan. Kejutan diartikan sebagai perasaan yang timbul karena ketidaksiapan atas sesuatu hal. Film The Handmaiden dipilih sebagai bahan penelitian karena cukup dominan menerapkan restricted narration dalam plotnya yang kemudian menimbulkan efek kejutan dan tidak hanya muncul sekali. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji pola plot dan bagaimana efek kejutan muncul atas penerapan teknik restricted narration dalam plot film The Handmaiden. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data secara observasi. Tahap penelitian dimulai dengan menganalisis keseluruhan plot film The Handmaiden. Dari analisis plot tersebut akan teridentifikasi scene-scene yang mengandung indikator efek kejutan yang kemudian dihubungkan dengan penerapan teknik restricted narration. Dari identifikasi tersebut akan dianalisis sesuai dengan rumusan masalah sehingga dapat ditarik simpulan. Hasil dari penelitian ini adalah efek kejutan yang muncul pada film The Handmaiden disebabkan film memanfaatkan tiga plot besar untuk membangun penerapan teknik restricted narration. Secara keseluruhan, teknik yang diterapkan adalah dengan menyajikan cerita fokus pada satu tokoh sekaligus penerapan kedalaman informasi cerita secara subjektif, mengelabui penonton dengan mata kamera, dan juga penerapan teknik kilas balik. Penggabungan teknik-teknik tersebut akhirnya berhasil menimbulkan efek kejutan yang bertingkat bagi penonton. Kejutankejutan tersebut di sisi lain juga berhasil mengubah narasi yang sebelumnya subjektif menjadi sepenuhnya objektif.

 


Keywords


plot, kejutan, restricted narration, film The Handmaiden

Full Text:

PDF

References


Abrams. 1981. Teori Pengantar Fiksi. Yogyakarta: Hanindita Graha Wida.

Ajidarma, Seno Gumira. 2000. Layar Kata: Menengok 20 Skenario Pemenang Citra, Festival Film Indonesia, 1973-1992. Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya.

Boggs, Joseph M. 2008. Cara Menilai Sebuah Film (terjemahan Asrul Sani). Jakarta: Yayasan Citra.

Bordwell, David dan Kristin Thompson. 2008. Film Art An Introduction 11th Edition. New York: McGraw-Hill Education.

Bordwell, David dkk. 2017. Film Art An Introduction 8th Edition. New York: McGraw-Hill Education.

Branigan, Edward. 2013. Narrative Comprehension and Film. New York: Routledge.

Eriyanto. 2013. Analisis Naratif: Dasar-dasar dan Penerapannya dalam Analisis Teks Berita Media. Jakarta: Prenadamedia Group.

H.B. Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret Press.

Irawanto, Budi. 1999. Film, Ideologi, dan Militer: Hegemoni Militer dalam Sinema Indonesia. Yogyakarta: Media Pressindo.

Lutters, Elizabeth. 2004. Kunci Sukses Menulis Skenario. Jakarta: Grasindo.

Mangunhardjana, A. Margija. 1976. Mengenal Film. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.

Mascelli, Joseph V. 2010. Lima Jurus Sinematografi (terjemahan Misbach Yusa Biran). Jakarta: Fakultas Film dan Televisi IKJ.

Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pratista, Himawan. 2017. Memahami Film. Yogyakarta: Montase Press.

Stanton, Robert. 2012. Teori Fiksi Robert Stanton (terjemahan oleh Sugihastuti dan Rossi Abi Al Irsyad). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).

Esta, Syavira Aurastri Nucifera. 2019. "Analisis Pola Plot dalam Membangun Ketegangan pada Film “Vantage Point”". Skripsi. Fakultas Seni Media Rekam, ISI Yogyakarta.

Nugroho, Bagus Satrio. 2019. “Analisis Unsur Dramatik pada Film “Need for Speed” Melalui Sudut Pandang Kamera dari Adegan Berkendara”. Skripsi. Fakultas Seni Media Rekan, ISI Yogyakarta.

Nurjamila, Annisa. 2017. “Analisis Fungsi Restricted Narration sebagai Pembangun Dramatik pada Film Comic 8”. Skripsi. Fakultas Seni Media Rekam, ISI Yogyakarta.

Stuart Grenville-Price. 2011. “Omniscient and Restricted Narration”. http://issuu.com/stuartgrenvilleprice/docs/omniscient-and-restricted-narration (diakses pada 15 Oktober 2021)

Zahra, Fina. 2013. “Analisis Peran Pergerakan Kamera dan Lensa Terhadap Surprise (Kejutan) pada Program Komedi “Sketsa” Trans TV”. Skripsi. Fakultas Seni Media Rekam, ISI Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.24821/sense.v5i2.8061

Article Metrics

Abstract view : 114 times
PDF - 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Anisa Wahyuningsih, Siti Maemunah, Gregorius Arya Dhipayana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.