PENCIPTAAN CINDERAMATA IKON-IKON WISATA SEJARAH SEBAGAI UPAYA REVITALISASI BUDAYA LOKAL KABUPATEN SUMEDANG

Ai Juju Rohaeni

Abstract


Tempat wisata dan tokoh sejarah Kabupaten Sumedang menjadi sumber inspirasi pembuatan produk cinderamata. Cinderamata memiliki tiga syarat yaitu sebagai objek, kenangan dan hadiah. Objek memiliki nilai didalamnya atau simbol dari pengalaman seseorang di satu tempat/wilayah. Penelitian penciptaan dan penyajian seni ini menggunakan metode kualitatif dengan tahapan penciptaan eksplorasi, eksperimen dan finalisasi produk. Hasil penelitian penciptaan dan penyajian seni ini menjelaskan proses penciptaan cinderamata ikon Sumedang yaitu Menara Loji Jatinangor,  Monumen Lingga, Pangeran Aria Soeria Atmadja dan benda-benda pusaka yang menjadi koleksi Museum Geusan Ulun yaitu Mahkota Binokasih yang pernah dipakai oleh Prabu Geusan Ulun, dan wisata kuliner yang sudah terkenal yaitu Tahu Sumedang. Sumber penciptaan yang dipilih berupa tempat, benda dan makanan khas Sumedang dikarenakan benda-benda tersebut memperlihatkan kekhasan Kabupaten Sumedang membedakan  dengan peninggalan sejarah di daerah lain.

Keywords


revitalisasi, cinderamata, ikon wisata sejarah, kabupaten Sumedang

Full Text:

PDF

References


Barrett-Graves, Debra, 2013. The Emblematic Queen : Extra-Literary Representation of Early Modern Queenship, New York : Palgrave Macmillan

Bramston, David, 2009. Material Thoughts : Basics Product Design, Switzerland : AVA Publishing SA

Danesi, Marcel. 2004, Pesan, Tanda, dan Makna, Yogyakarta : Jalasutra.

DEPDIKBUD, 1989, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka.

Dick, Stewart, 1912. Arts and Crafts Of Old Japan, Chicago : A.C. McLurg & Co

Gruyter, De, 2003., Emblematics in Hungary: A study of the history of symbolic reprsentation in Renaissance and Baroque literature, Tubingen : Max Niemeyer Verlag

Hertati dkk, 2010. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta : UT.

Karthadinata, Dewa Made, t.t. Studi tentang Pengembangan Desain Kerajinan Keramik Desa Mayong Lor Jepara, Semarang : Jurusan Seni Rupa Universitas Negeri Semarang

Keinonen, Turkka, Roope Takala (ed), 2006. Product Concept Design : A Review of The Conceptual Design of Products in Industry, Germany : Springer

Lasmiyati, 2014, “Ditioeng Memeh Hoedjan, Pemikiran Pangeran Aria Suria Atmadja dalam Memajukan Pemuda Pribumi di Sumedang (1800-1921)”, Patanjala Vol. 6 No. 2 Juni 2014, 223-238

Reyes, Portia, 2008., Chairman Mao Badges : Symbols and Slogans of The Cultural Revolution, London : The British Museum Press

Mahroni, Lalu Aswandi, 2014. “Seni Kerajinan Gerabah Penunjak Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat (Kontinuitas dan Perubahan)”, Jurnal Media Bina ilmiah Vol. 8 No. 3 Juli 2014, ISSN No. 1978-3787

Mujiyono, 2010, “Seni Rupa dalam Perspektif Metodologi Penciptaan : Refleksi atas Intuitif dan Metodis”, Jurnal Seni Rupa Vol. VI No. 1 Januari 2010.

Sumardjo, Yakob, 2010, Estetika Paradoks, Bandung, Sunan Ambu STSI.

Supriatna, 2014, “Komunikasi Visual Seni Pertunjukan Kuda Renggong Kabupaten Sumedang”. Disertasi, Bandung, UNPAD.

Susanto, P.S Hary, 1987, Mitos, Yogyakarta, Kanisius.




DOI: https://doi.org/10.24821/jousa.v5i2.2151

Article Metrics

Abstract view : 129 times
PDF - 81 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseISSN 2355-2131 (print) | ISSN 2355-214X (online).