Buai Ba Ayun

Agung Saputra

Abstract


Buai Ba Ayun merupakan sebuah karya tari yang berpijak pada tradisi Minangkabau, tepatnya di pesisir Padang, Sumatra Barat yaitu tari Buai. Tari Buai ini menceritakan tentang seorang ibu yang sedang membuai anak sambil berdendang.
Karya tari ini merupakan proses lanjutan dari penciptaan karya pada koreografi III, namun tetap terdapat perubahan-perubahan baik secara gerak, kostum, penari, dan properti, serta adanya pengembangan isi tema.
Jenis karya tari ini adalah koreografi kelompok yang ditarikan oleh 5 penari yang terdiri dari 2 penari perempuan dan 3 penari laki-laki. Karya tari ini bermula dari rangsang kinestetik dan idesional. Tipe tari yang digunakan adalah tipe tari dramatik, sedangkan mode penyajiannya adalah simbolik.
Pemilihan budaya Minangkabau sebagai orientasi garapan tari, karena latar belakang keluarga penata berasal dari ranah Minang. Hal tersebut menjadi wajar karena latar belakang budaya setiap seniman sedikit banyak pasti berpengaruh terhadap penciptaan karya seninya. Karya tari ini diharapkan selain memberikan pengalaman visual kepada penikmat atau penonton, juga memberi pesan bahwa kasih sayang itu jangan
disalah gunakan karena akan berakibat fatal dalam suatu hubungan.
Kata Kunci : Buai, Kasih sayang, Koreografi

Keywords


tari, joged, seni



DOI: https://doi.org/10.24821/joged.v4i2.328

Article Metrics

Abstract view : 174 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats