Penerapan Gaya Improvisasi Blues Pada Musik Jazz Fusion (Studi Kasus: Lagu "King Twang" Karya Vital Tech Tones)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan gaya improvisasi musik blues dalam konteks musik jazz fusion, dengan fokus pada penggunaan teknik Albert King’s Bend pada gitar elektrik. Teknik ini dikenal luas dalam permainan blues karena kemampuannya menghasilkan karakter bunyi yang khas, dan biasanya digunakan untuk memperkuat identitas frasa musik. Lagu “King Twang” karya grup band Vital Tech Tones dipilih sebagai objek studi karena menyajikan struktur komposisi jazz fusion yang kompleks, namun tetap terbuka terhadap pendekatan improvisasi dari genre lain. Metode penelitian yang digunakan bersifat kualitatif, melalui observasi, transkripsi improvisasi gitar, dan wawancara dengan beberapa gitaris berpengalaman. Hasil analisis menunjukkan bahwa teknik Albert King’s Bend dapat diterapkan secara efektif dalam jazz fusion tanpa mengganggu struktur musikal dari komposisi. Penerapan teknik ini terbukti mampu memperkaya struktur frasa improvisasi, memberikan karakter kontras antar bagian, serta mencerminkan pemahaman pemain terhadap fleksibilitas gaya dalam musik lintas genre. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan pendekatan improvisasi gitar modern, serta membuka peluang untuk eksplorasi lebih lanjut dalam penyatuan teknik tradisional dengan konteks musikal yang lebih kompleks.
Kata kunci: improvisasi gitar, blues, jazz fusion, Albert King’s Bend.
ABSTRACT
This study aims to examine the application of blues improvisational style within the context of jazz fusion music, with a particular focus on the use of the Albert King’s Bend technique on electric guitar. Widely recognized in blues performance, this technique creates a distinctive tone by emphasizing string bending, typically used to enhance the identity of musical phrases. The song “King Twang” by the band group Vital Tech Tones was chosen as the case study due to its complex jazz fusion composition, which still allows room for improvisational approaches from other genres. A qualitative research method was employed through observation, transcription of guitar improvisation, and interviews with experienced guitarists. The analysis reveals that Albert King’s Bend can be effectively applied in jazz fusion without disrupting the musical structure of the composition. The technique proves to enrich the structure of improvisational phrases, introduce contrast between sections, and reflect the player’s understanding of stylistic flexibility in cross-genre music. This research contributes to the development of modern guitar improvisation approaches and offers further opportunities for exploration in blending traditional techniques within more complex musical contexts.
Keywords: guitar improvisation, blues, jazz fusion, Albert King’s Bend.
Full Text:
PDFReferences
Bailey, D. (1993). Improvisation: Its nature and practice in music. Da Capo Press, Inc. .
Binder, A. (2022). A Survey And Compositional Application Of Device For Improvisation . 1-60.
Fardian. (2023). Konsep Musik Jazz Fusion Bali Pada Komposisinya Sanghyang Legong Karya Indra Lesmana. Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik Sorai, 133-147.
Fischer, P. (1993). Blues Guitar Rules. Ama Verlag.
Fogg, R. (2013). The Jazz Guitar Handbook: A Complete Course in All Styles of Jazz (Popular Handbook) . Backbeat.
Gioia, T. (1998). The History of Jazz. Oxford University Press.
Johnson, R. (2020). Comparing Traditional And Modern Trends In Jazz Improvisation. Electronic Theses and Dissertations, 1-62.
Kusumah, A. (2021). Teknik Improvisasi Gitar dalam Musik Keroncong. Journal of Music Science, Technology,, 4, 263-277.
Nicholson, S. (1998). Jazz-Rock: A History. Schirmer Books.
Palmer, C. M. (2016). Instrumental Jazz Improvisation Development: Characteristics of Novice, Intermediate, and Advanced Improvisers. Journal of Research in Music Education, 361-378.
Pratama, M. D. (2021). Penerapan Teknik Gitar Elektrik Albert King Bends Pada Lagu The Right Time Karya Nappy Brown Yang Diaransemen Oleh Ray Charles. 2-10.
Rahmatullah, A. (2021). Analisis Teknik Permainan Gitar Elektrik Pada Lagu Surrender Karya Andra And The Backbone. 82-91.
Riker, W. (2005). Mastering Blues Guitar. Alfred Music.
Santoso, M. O. (2021). Penerapan Tangga Nada Pentatonik Dalam Improvisasi Lagu Takarajima Karya Hirotaka Izumi.
Silaban, C. Y. (2022). Penerapan Improvisasi Dengan Pendekatan Bebop Terhadap Lagu "Straight No Chaser" Karya Theolonius Monk". Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11, 3126-3135.
Solis, G. (2019). Soul, Afrofuturism & the Timeliness of Contemporary Jazz Fusions. 148, 23-33. Retrieved from https://www.jstor.org/stable/10.2307/48563006
Steinel, M. (2000). Essential Elements For Jazz Ensemble. Hal Leonard.
DOI: https://doi.org/10.24821/idea.v19i1.16026
DOI (PDF): https://doi.org/10.24821/idea.v19i1.16026.g4445
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA