Strategi Peningkatan Layanan Perpustakaan FEB Universitas Padjadjaran Melalui Layanan BI Corner

Aditia Ahmad Firdaus, Tine Silvana Rachmawati

Abstract


Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Padjadjaran berupaya meningkatkan kualitas layanannya melalui kerjasama dengan Bank Indonesia dengan mengadakan program layanan BI Corner. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan layanan yang ada di Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) melalui program BI Corner bersama dengan Bank Indonesia. Metode yang dipakai dalam penelitian ini kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Analisis dilakukan secara mendalam terhadap data yang dikumpulkan, termasuk informasi yang diperoleh melalui wawancara dengan narasumber, observasi, dan studi literatur. Teknik pengumpulan data menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan kerjasama antara Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dengan Bank Indonesia melalui layanan BI Corner telah berhasil dalam upaya meningkatkan aksesibilitas informasi dan layanan. Kerjasama ini telah membuka peluang yang luas bagi pengguna layanan untuk mengakses koleksi dan sumber daya terkait bidang ekonomi dan keuangan, yang pada gilirannya telah mendukung pengembangan kegiatan riset dan pembelajaran di lingkungan kampus.

 

They are improving FEB Padjadjaran University Library Services through BI Corner Cooperation. The Library of the Faculty of Economics and Business (FEB) Padjadjaran University seeks to enhance the quality of its services through cooperation with Bank Indonesia by holding a BI Corner service program. This study aims to analyze the improvement of existing services at the Faculty of Economics and Business (FEB) Library through the BI Corner program together with Bank Indonesia. The method used in this research is qualitative with a descriptive approach. The analysis was conducted in-depth on the data collected, including information obtained through interviews with resource persons, observations, and literature studies. The data collection technique used was purposive sampling. The results showed that the collaboration between the Library of the Faculty of Economics and Business (FEB) and Bank Indonesia through BI Corner services has successfully improved the accessibility of information and services. This collaboration has opened up extensive opportunities for service users to access collections and resources related to economics and finance, which has supported the development of research and learning activities on campus.


Keywords


kerjasama, perpustakaan, layanan, lembaga Informasi.

Full Text:

PDF

References


Kethy Hariyadi Putri. (2019). Strategi Pengembangan Kerjasama Perpustakaan Universitas Atma Jaya Yogyakarta Dalam Upaya Meningkatkan Layanan. Nusantara-Journal of Information and Library Studies, 2(1), 39–51.

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis

Nursapia Harahap. (2020). Penelitian Kualitatif. Wal Ashri Publishing.

Samiyati, Suratmi, I., & Santoso, J. (2021). Pemanfaatan Layanan Perpustakaan dan Prestasi Akademis Mahasiswa. 1(1).

Suratmi, I. (2021). Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perpustakaan melalui Kerja Sama antar Perpustakaan. 1(2), 55–59.

Wiji Suwarno. (2014). Konsep Dasar Jaringan Kerja Sama Perpustakaan dan Informasi. Jaringan Kerja Sama Perpustakaan Dan Informasi, 1–58.

Yulianti, H., Widaryatno, S., & Sumardiono, S. (2021). Pengembangan Jejaring Kerjasama Perpustakaan Dan Organisasi Pustakawan. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 5(2), 94. https://doi.org/10.17977/um008v5i22021p94-99

Yusniah, Y., Fauzi, A., Ramadhan, R., Sitorus, R., & Mulyadi, R. (2023). Strategi Pengembangan Kerjasama Perpustakaan Uinsu dengan Perpustakaan Umsu Dalam Upaya Meningkatkan Layanan Perpustakaan. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 452–459. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v3i2.2706




DOI: https://doi.org/10.24821/jap.v4i2.11059

Article Metrics

Abstract view : 25 times
PDF - 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseISSN 2808-151X (online) dan ISSN 2808-1641 (print).

View My Stats