Peran Pustakawan Dalam Meningkatkan Literasi Informasi Mahasiswa

Agung Hartono

Abstract


Penelitian ini menjelaskan tentang peran pustakawan dalam meningkatkan literasi informasi mahasiswa Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengapa mahasiswa ISI Yogyakarta yang sedang menyelesaikan tugas akhir sering kurang tepat dalam menggunakan acuan atau sumber rujukan. Intinya, ada keterbatasan jumlah referensi yang diacu dan ketidaktepatan meletakkan referensi dalam karya tugas akhir, baik dalam penyajian seni ataupun pengkajian seni. Selain itu perlu untuk mengetahui peran pustakawan dalam meningkatkan literasi informasi mahasiswa ISI Yogyakarta dan kendala apa saja yang dihadapi pustakawan dalam upaya meningkatkan literasi informasi di ISI Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan studi lapangan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan fakta bahwa jumlah referensi yang diacu mahasiswa masih terbatas dan ada ketidaktepatan meletakkan referensi dalam karya pengkajian maupun penyajian  tugas akhir.  Peran pustakawan dibutuhkan dalam  penyediaan koleksi literatur ilmiah yang selalu up to date dan sesuai perkembangan zaman, penyediaan sarana dan prasarana yang baik. Penyelenggaraan program seperti klinik penulisan skripsi, pendidikan pemakai sangat diperlukan mahasiswa tingkat akhir agar karya ilmiah yang dihasilkan lebih berkualitas.

 

The Role of Librarians in Improving Student Information Literacy.  This study describes the role of librarians in improving the information literacy of students of Institut Seni Indonesia Yogyakarta. The problem in this study is why ISI Yogyakarta students completing their final project are often inaccurate in using references or reference sources. In essence, there is a limited number of references referred to and an inaccuracy in placing references in the final project work, both in art presentation and art study. In addition, it is necessary to know the role of librarians in improving the information literacy of ISI Yogyakarta students and what obstacles librarians face in their efforts to enhance information literacy at ISI Yogyakarta. This research uses a descriptive qualitative method. Data collection used field studies through observation, interviews, and documentation. The results showed that the number of references referred to by students was still limited, and there was an inaccuracy in placing references in the assessment work and presentation of the final project. The role of librarians is needed in providing a collection of scientific literature that is always up to date and, according to the times, offers good facilities and infrastructure. The implementation of programs such as thesis writing clinics and user education is needed by final-year students so that the scientific work produced is of higher quality.  


Keywords


sumber rujukan, karya ilmiah, literasi informasi

Full Text:

PDF

References


Badriah, D. (2012). Metodologi Penelitian Ilmu-Ilmu Kesehatan. Multazam.

Fardi, C. F. P., Anwar, R. K., Amar, S. C. D., & Rukmana, E. N. (2024). Perkembangan Pelayanan Perpustakaan Perguruan Tinggi. ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan, 4(2), 60–72. https://doi.org/10.24821/jap.v4i2.9610

Farida dan dkk. (2005). Information Literacy Skill: Dasar Pembelajaran Seumur Hidup. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hartono. (2020). Transformasi Perpustakaan Dalam Ekosistem Digital: Konsep Dasar, Organisasi Informasi, dan Literasi Digital. Kencana.

Iriantara, Y. (2009). Literasi Media: Apa, Mengapa, Bagaimana. Simbiosa Rekatama Media.

Putu Laxman Pendit. (2003). Penelitian Ilmu Perpustakaan dan Informasi : Suatu Pengantar Diskusi Epistemologi dan Metodologi. Kumandang.

Sulistyo Basuki. (2006). Metode Penelitian. Wedatama Widya Sastra.

Talcott Parsons. (1986). Fungsionalisme Imperatif. Rajawali Press.

Wahyuntini, S., & Endarti, S. (2021). Tantangan Digital dan Dinamisasi Koleksi Dalam Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan Bagi Prestasi Belajar Mahasiswa. ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.24821/jap.v1i1.5909




DOI: https://doi.org/10.24821/jap.v5i2.14776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseISSN 2808-151X (online) dan ISSN 2808-1641 (print).

View My Stats