Tantangan Digital dan Dinamisasi Koleksi Dalam Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan Bagi Prestasi Belajar Mahasiswa

Sugeng Wahyuntini, Sri Endarti

Abstract


Tulisan ini merupakan artikel ilmiah dari penelitian berjudul “Intensitas Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan Bagi Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta”. Tujuan penelitian adalah: (1) Untuk mengetahui intensitas pemanfaatan koleksi perpustakaan oleh mahasiswa Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta; (2) Untuk mengetahui dampak intensitas pemanfaatan koleksi perpustakaan terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta. Penelitian berfokus pada intensitas pemanfaatan koleksi perpustakaan oleh mahasiswa Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta yang sudah dalam masa menjelang akhir studi dan sering berkunjung ke perpustakaan. Penelitian ini dilaksanakan di UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta dengan informan sejumlah 11 orang, yaitu 10 orang mahasiswa yang ditentukan berdasarkan  prodinya  dan satu dosen FSP yang sering berkunjung ke perpustakaan. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yang dilakukan dengan menggunakan model Miles & Hubermen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas pemanfaatan koleksi perpustakaan meningkat di saat ada dorongan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh dosen maupun untuk menyelesaikan tugas akhir. Selain memanfaatkan koleksi dengan membaca, meminjam menyalin dan memfotokopi, mahasiswa sudah memanfaatkan koleksi repository institusi. Cara mengakses informasi tidak hanya secara fisik berkunjung ke perpustakaan tetapi juga mengakses secara digital di luar perpustakaan. Kendala yang ditemukan adalah kurang lengkapnya koleksi hingga ke subyek minat utama dan kurang lancarnya wifi untuk akses informasi digital. Sedangkan kendala untuk kunjungan fisik ke perpustakaan adalah ruangan yang tidak nyaman (panas). Prestasi belajar mahasiswa mengalami peningkatan pada saat mahasiswa aktif memanfaatkan koleksi perpustakaan.

 

This paper is a scientific article from the research entitled "Intensity of Utilization of Library Collection for Student Learning Achievement of Faculty of Performing Arts ISI Yogyakarta". The purpose of the study is: (1) To find out the intensity of the utilization of library collections by students of the Faculty of Performing Arts ISI Yogyakarta; (2) To find out the impact of the intensity of the utilization of library collections on the learning achievement of students of the Faculty of Performing Arts ISI Yogyakarta. Research focuses on the intensity of the utilization of library collections by students of the Faculty of Performing Arts ISI Yogyakarta. They are already in the period towards the end of their studies and often visit the library. This research was conducted at UPT Library ISI Yogyakarta with informants of 11 people, namely 10 students who were determined based on their study programs and one FSP lecturer who often visited the library. The data analysis used is a qualitative analysis conducted using the Miles & Huberman model. The results showed that the intensity of library collection utilization increased when there was a push to complete the task given by lecturers and to complete the final task. In addition to utilizing collections by reading, borrowing copies and photocopying, students have being used the institution's repository collection. How to access information is not only physically visiting the library but also accessing digitally outside the library. The obstacles found are the incompleteness of collections to the main interest subjects and the lack of smooth wifi for access to digital information. In comparison, the impediment to a physical visit to the library is an uncomfortable room (hot). Student learning achievement has increased when students actively utilize library collections. 


Keywords


koleksi, prestasi belajar, mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Agustiawan. 2019. “Menuju Perpustakaan Digital, Sebuah Refleksi UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta” dalam Seni & Revolusi Industri 4.0 ISI Yogyakarta Dalam Pusaran Virtual. Yogyakarta: BP ISI Yogyakarta.

Anusapati. 2019. “Pelayanan Bidang Kemahasiswaan ISI Yogyakarta” dalam Seni & Revolusi Industri 4.0: ISI Yogyakarta Dalam Pusaran Virtual. Yogyakarta: ISI Yogyakarta.

Budiningsih, Asri. 2015. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Cresswell, John W. 2016. Research Design Edisi Keempat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Istiana, Purwani. 2014. Layanan Perpustakaan. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Lasa HS. 2009. Kamus Kepustakawanan Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Moleong, Lexy J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif Edisi revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sulistiyo-Basuki. 2013. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Tangerang Selatan. Universitas Terbuka.

Suryabrata, Sumadi. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yusuf, A. Muri. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media.

Jurnal

Handayani, Keni Hasti dan Nurdin Laugu. 2007. Studi Korelasi Motivasi Pengguna Dengan Pemanfaatan Koleksi CD-ROM di UPT Perpustakaan UII Yogyakarta. Dalam Jurnal Berkala Ilmu Perpustakaan & Informasi Vol. III No. 7.

Undang-Undang dan Peraturan

Institut Seni Indonesia Yogyakarta. 2020. Peraturan Institut Seni Indonesia Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Tata Tertib Pengguna Jasa Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Indonesia. 2003 Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Indonesia. 2007. Undang-Undang No. 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan.




DOI: https://doi.org/10.24821/jap.v1i1.5909

Article Metrics

Abstract view : 191 times
PDF - 105 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseISSN 2808-151X (online) dan ISSN 2808-1641 (cetak).

View My Stats