Pengaruh Pelayanan Perpustakaan Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta

Bandono Bandono, Susilowati Susilowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan perpustakaan terhadap prestasi akademik mahasiswa Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta. Peneltian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Cara analisis yang digunakan adalah analisis korelasional dengan pendekatan survei yang menggunakan kuesioner sebagai intrumen untuk pengumpulan data. Selain itu pengumpulan data didukung juga dengan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan perpustakaan terhadap pestasi akademik mahasiswa Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta. Teknik pengumpulan data adalah melalui kuesioner, studi pustaka, observasi dan dokumentasi. Teknik pengukuran variabel tentang pengaruh pelayanan menggunakan skala linkert. Dengan skala linkert maka variabel akan diubah dan dijabarkan menjadi indikator variabel yang mana dalam penelitian ini ada 5 unsur (berdasarkan lima dimensi SerQual). Kelima dimensi tersebut merupakan satu kesatuan yang saling mendukung; (1)Tangibles, (2)Reliabilitas, (3)Responsivitas, (4)Jaminan, (5)Empati. Populasi dalam penelitian ini adalah pemustaka mahasiswa Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta T.A 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia Yogyakarta tahun angkatan 2018/2019 yang berjumlah 457 orang. Pengambilan sample dengan proportional sample atau sampel imbangan diperoleh sample sejumlah 64 mahasiswa. Secara keseluruhan dapat dilihat skor rata-rata tanggapan langsung mahasiswa terhadap pengaruh pelayanan perpustakaan terhadap prestasi akademik mahasiswa Fakultas Seni Rupa  Institut Seni Indonesia Yogyakarta oleh pemustaka di UPT Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta adalah cenderung tinggi. Berdasarkan hasil dari pembahasan serta olah data  tanggapan langsung responden serta dengan didukung data  yang diperoleh dari Kasubag Pendidikan Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara pelayanan UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta dengan prestasi akademik mahasiswa Fakultas Seni Rupa  Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

 

This research aims to find out the influence of library services on students' academic achievement of the Faculty of Fine Arts ISI Yogyakarta. This research is descriptive with a quantitative approach. The analysis is correlational analysis with a survey approach that uses questionnaires as intrusions for data collection. In addition, data collection is also supported by documentation. The purpose of this research is to find out the influence of library services on the academic party of students of the Faculty of Fine Arts ISI Yogyakarta. Data collection techniques are through questionnaires, library studies, observations and documentation variable measurement techniques on the effect of services using the Linkert scale. With the Linkert scale, the variable will be changed and spelt out into a variable indicator where in this study, there are 5 elements (based on the five dimensions of SerQual). The five dimensions are a unity that supports each other; (1) Tangibles, (2)Reliability, (3) Responsiveness, (4)Guarantee, (5) Empathy. The population in this study is the student library of the Faculty of Fine Arts ISI Yogyakarta T.A 2018/2019. The population in this study was a student of the Faculty of Fine Arts, Yogyakarta Indonesian Institute of Art in 2018/2019, which amounted to 457 people. Sampling with proportional sample or balance sample obtained a selection of 64 students. Overall, it can be seen that the average score of students' direct responses to the influence of library services on the academic achievement of students of the Faculty of Fine Arts, ISI Yogyakarta, by the library at the library of the ISI Yogyakarta is likely to be high. Based on the results of the discussion and the processing of direct-response data of respondents and supported by data obtained from kasubag education, faculty of fine arts ISI Yogyakarta, it can be concluded that there is a positive influence between the services of ISI Yogyakarta Library and the academic achievement of students of the Faculty of Fine Arts, ISI Yogyakarta.


Keywords


layanan, pemanfaatan perpustakaan, prestasi akademik

Full Text:

PDF

References


Agustiawan. 2018. Evaluasi Kualitas Layanan UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta Berdasarkan Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Yogyakarta: Lembaga Penelitian Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Agustiawan, Bandono. 2021. Buku Panduan UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta. Yogyakarta: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta.

Dewi, Meutia. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Perpustakaan terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Universitas Samudra. Aceh: Fakultas Ekonomi Universitas Samudra.

Danim, Sudarman. 2017. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Hartinah, Sri. 2014. Metode Penelitian Perpustakaan. Universitas Terbuka Tangerang.

Ismunandar. 2019. Pidato Ilmiah Dies Natalis XXXV/Lustrum ke - VII Insititut Seni Indonesia. Yogyakarta 29 Mei 2019. Yogyakarta. Yogyakarta: Insititut Seni Indonesia Yogyakarta.

Novianti, Tria. 2016. Pengaruh Prestasi Akademik Mata Pelajaran PAI Terhadap Minat Studi Lanjut Ke Perguruan Tinggi Agama Islam bagi Siswa MAN Pemalang Tahun Pelajaran 2015-2016. Pemalang: UMP.

Jamaluddin. 2014. Pengaruh Pemanfaatan Layanan Perpustakaan Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di Universitas Hasanuddin. UPT Perpustakaan Universitas Hasanuddin. Makasar: UNHAS.

Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

ISI Yogyakarta. 2019. Pidato dan Laporan Rektor Pada Dies Natalis XXXV Insititut Seni Indonesia Yogyakarta 29 Mei 2019. Yogyakarta : ISI Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sitiaisiyah dan Noorbaity. 2011. Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Jurusan Teknik Sipil Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil. Jakarta: Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Jakarta.

Perpustakaan Nasional. 2007. Undang-undang Perpustakaan No.43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Perpustakaan Nasional RI. 2013. Revisi Pedoman Pengelolaan Koleksi Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Qalyubi, Syihabudin, dkk. 2017. Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta: Jurusan IPI Fakultas Adab UIN Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.24821/jap.v1i1.5916

Article Metrics

Abstract view : 98 times
PDF - 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseISSN 2808-151X (online) dan ISSN 2808-1641 (cetak).

View My Stats