Peranan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Pascasarjana ISI Yogyakarta
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan perpustakaan pascasarjana dalam meningkatan prestasi mahasiswa pascasarjana ISI Yogyakarta dan hambatan yang dihadapi oleh perpustakaan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori Creswell berupa pengumpulan dan melihat data, mengkoding data, mendiskripsikan data dan menginterpretasikan data berdasarkan tema tema. Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Dalam meningkatkan prestasi mahasiswa pascasarjana maka perpustakaan melakukan kegiatan sosialisasi secara berkelompok ketika penerimaan mahasiswa baru dan secara individu saat mahasiswa datang ke perpustakaan, untuk sosialisasi tidak langsung melalui media sosial seperti facebook dan whatsapp. 2. Implementasi dari peranan perpustakaan pascasarjana untuk meningkatkan prestasi mahasiswa dilakukan melalui berbagai kegiatan seperti layanan khusus penelusuran e-journal, konfrensi internasional se-asia pasifik, simposium dan pelatihan serta bedah buku. 3. Peranan perpustakaan pascasarjana ISI Yogyakarta sesuai dengan buku pedoman perpustakaan perguruan tinggi yaitu sebagai tempat untuk belajar (edukasi), sumber informasi melalui berbagai koleksi primer dan sekunder dan motivator bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam mengikuti studi atau pembelajaran di program pascasarjana ISI Yogyakarta. Hambatan dalam melaksanakan berbagai program kegiatan yaitu keterbatasan sumber daya manusia dan perlu adanya penataan ulang atau desain interior perpustakaan (penambahan ruang audio visual) sehingga lebih nyaman, penambahan koleksi yang berkaitan dengan tata kelola seni, best practice, dan partitur musik.
The problem in this research is how the role of graduate libraries in improving the achievement of ISI Yogyakarta graduate students and the obstacles faced by libraries. This type of research is qualitative using a descriptive approach. Data collection techniques used through interviews, observations and documentation. Data validity techniques use source triangulation. The data analysis techniques in this study used Creswell's theory of collecting and viewing data, coding data, describing data and interpreting data based on theme themes. The results of this study are: 1. In improving the achievement of graduate students, the library conducts socialization activities in groups when accepting new students and individually when students come to the library, for indirect socialization through social media such as Facebook and Whatsapp. 2. Implementation of the role of graduate libraries to improve student achievement is carried out through various activities such as special e-journal search services, international conferences in Asia Pacific, symposiums and training and book surgery. 3. The role of ISI Yogyakarta graduate library in accordance with the college library handbook is as a place to learn (education), a source of information through various primary and secondary collections and motivators for students who have difficulty in participating in studies or learning in isi Yogyakarta graduate program. Obstacles in carrying out various activity programs are human resource limitations and the need for rearrangement or interior design of the library (addition of audio visual space) so that it is more comfortable, the addition of collections related to art governance, best practice, and music partitur.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustiawan. 2018. Evaluasi Kualitas Layanan UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta Berdasarkan Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Yogyakarta: Lembaga Penelitian Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Afifuddin. 2009. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Pustaka Setia
Denzin, Norman K, Yvonna S. Lincoln (ed.). 2009. Handbook of Qualitative Research. Terj. Dariyatno dkk, Jogjakarta: Pustaka Pelajar.
Emzir. 2016. MetodologiPenelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Press
Sugiyono. Suryandari, Sofia Yustiani (ed.). 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang dan Peraturan
Indonesia. 2007. Undang-Undang No. 43 Tentang Perpustakaan.
Indonesia. 2000. Surat Keputusam No. 72 Tentang Pendidikan Tinggi Bidang Seni.
Indonesia. 2004. Buku Pedoman Perpustakaan Perguruan Tinggi Tentang Perpustakaan Perguruan Tinggi.
DOI: https://doi.org/10.24821/jap.v1i1.5918
Article Metrics
Abstract view : 695 timesPDF - 871 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. ISSN 2808-151X (online) dan ISSN 2808-1641 (print).