Kemas Ulang Informasi Koleksi Perpustakaan Sebagai Upaya Pemenuhan Kebutuhan Informasi Para Pemustaka
Abstract
Koleksi perpustakaan terus mengalami perkembangan dengan pesat seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang dapat menyebabkan banjir informasi. Hal itu berdampak pada pemakai informasi yang merasa terkendala dalam memilih dan mendapatkan informasi yang relevan dengan apa yang dibutuhkannya. Daya tarik kemas ulang informasi koleksi perpustakaan dapat menjadi salah satu solusi untuk menjawab kegelisahan para pemakai informasi. Dengan kemas ulang informasi koleksi perpustakaan yang dapat menghasilkan kemasan informasi yang lebih menarik, relevan, dan cepat dalam temu kembali informasi, menjadikan pemustaka dapat dengan cepat, tepat, dan mudah menemukan informasi yang dibutuhkan sehingga merasa puas terhadap layanan perpustakaan dalam memenuhi kebutuhan informasi mereka. Pemustaka akan diuntungkan dengan adanya kemas ulang informasi koleksi perpustakaan karena akan menghemat biaya dan waktu dari pemustaka dalam proses pencarian, pemilihan dan pemerolehan informasi yang dibutuhkan.
Library collections continue to develop rapidly, and information technology development that can cause a flood of information. It impacts information users who feel constrained in choosing and getting information that is relevant to what they need. The appeal of repacking library collection information can be one solution to answer the anxiety of information users. By repacking library collection information that can produce more engaging, relevant, and fast packaging of information in re-meeting information, making the library can quickly, precisely, and easily find the required information so that they are satisfied with library services in meeting their information needs. The library will benefit from the re-mission of library collection information because it will save the cost and time of the library in the process of searching, selecting and obtaining the required information.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bandono, Bandono dan Susilowati, S. (2021). Pengaruh Pelayanan Perpustakaan Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta. Abdi Pustaka, 1(1), 15–24.
Fatmawati, E. (2009). Kemas Ulang Informasi: Suatu Tantangan Bagi Pustakawan. Majalah Media Pustakawan, 16(1&2), 23–27. https://ejournal.perpusnas.go.id/mp/issue/view/132
Pebrianti, Y. (2015). Kemas Ulang Informasi: Kumpulan Karya Tulis Ilmiah Peneliti Di Lingkup Balai Penelitian Dan Pengembangan Budidaya Air Tawar (BPPBAT) Bogor. Jurnal Pari, 1(1), 27–33. http://ejournal-balitbang.kkp.go.id/index.php/JP/article/view/131
Wahyuntini, S., & Endarti, S. (2021). Tantangan Digital dan Dinamisasi Koleksi dalam Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan bagi Prestasi Belajar Mahasiswa. Abdi Pustaka, 1(1), 1–6.
Sulistyo-Basuki. (2009). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Gramedia Pustaka Utama.
Yulia, Y. (2014). Pengembangan Koleksi. Universitas Terbuka.
Webtografi
Indonesia, R. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. https://www.perpusnas.go.id/law-detail.php?lang=id&id=170920114322Ir9g6HhRuc
Jusni, Djatin dan Hartinah, S. (n.d.). Pengemasan Dan Pemasaran nformasi : Pengalaman PDII-LIPI. Retrieved December 17, 2020, from https://igit.files.wordpress.com/2007/05/pengemasan- dan-pemasaran-informasi-pengalaman-pdii-lipi.pdf
Pudjiastuti, S. (n.d.). Mengenal Kemas Ulang Informasi. Retrieved December 2, 2020, from http://p4tkmatematika.org/file/INFO UNIT/Unit Perpustakaan/kemas Ulang Informasi 2013_4-1.pdf
Reitz, J. M. (2014). Online Dictionary for Library and Information Science. https://products.abc-clio.com/ODLIS/odlis_about.aspx
Widyawan, R. (2013). Analis, Sintesis, dan Kemas Ulang. https://rosawidyawan.wordpress.com/2013/04/11/analis-sintesis-dan-kemas-ulang/
DOI: https://doi.org/10.24821/jap.v1i2.5955
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. ISSN 2808-151X (online) dan ISSN 2808-1641 (print).