Penerapan Aplikasi SLiMS 9 versi Bulian Untuk Mewujudkan Katalog Elektronik di Perpustakaan SMAN 1 Cicalengka
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem katalogisasi yang diterapkan di perpustakaan SMAN 1 Cicalengka. Hal ini dilatarbelakangi karena pandemi Covid-19 telah melanda seluruh dunia selama hampir dua tahun. Semua aspek kehidupan terus berjuang agar tetap bertahan ditengah pandemi virus Covid-19 sehingga kehidupan terus berjalan. Perpustakaan sebagai lembaga penyedia informasi juga melakukan hal ini. Meski ditengah pembatasan sosial, perpustakaan harus tetap melayani para pemustaka sehingga dapat terus memenuhi kebutuhan informasi. Pemanfaatan teknologi menjadi sangat penting dan dapat menjadi solusi dalam memberikan layanan pemustaka dimasa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan SMAN 1 Cicalengka belum menerapkan otomasi dan katalogisasi elektronik di perpustakaan. Hal ini disebabkan karena perpustakaan belum memiliki SDM yang mendukung untuk melaksanakan katalogisasi dan otomasi. Tidak adanya staf lulusan ilmu perpustakaan menjadi salah satu alasan belum diterapkannya otomasi perpustakaan dan belum adanya katalog elektronik. Dengan melakukan penelitian ini, penulis berharap dapat memberikan solusi bagi para pustakawan di SMAN 1 Cicalengka sehingga dapat melakukan otomasi perpustakaan dan dapat mewujudkan katalogisasi elektronik dengan memanfaatkan aplikasi SLiMS 9 versi Bulian.
Application of the Bulian version of the SLiMS 9 Application to Create an Electronic Catalog at the Library of SMAN 1 Cicalengka. This study aims to determine the cataloguing system applied in the library of SMAN 1 Cicalengka. The Covid-19 pandemic has hit the whole world for almost two years. All aspects of life continue to struggle to survive amid the Covid-19 virus pandemic, so life continues. Libraries as information providers also do this. Even amid social restrictions, libraries must continue to serve their users to continue to meet their information needs. The use of technology is crucial and can be a solution in providing user services during the Covid-19 pandemic. The research method used is descriptive qualitative research, data collection is done by interview. The results showed that the library of SMAN 1 Cicalengka had not implemented automation and electronic cataloguing in the library. The library does not yet have human resources to support cataloguing and automation. The absence of library science graduates is one of the reasons why library automation has not been implemented, and there is no electronic catalogue. By conducting this research, the authors hope to provide a solution for librarians at SMAN 1 Cicalengka to automate the library and realize electronic cataloguing by utilizing the Bulian version of the SLiMS 9 application.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Enal. (2018). Analisis Sistem Katalogisasi Bahan Pustaka Di Perpustakaan Universitas Patria Artha Makassar. Makasar: UIN Alauddin Makassar. Sumber: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/13818/1/ENAL.pdf
Kirchhoff, T., Schweibenz, W., & Sieglerschmidt, J. (2008). Archives, libraries, museums and the spell of ubiquitous knowledge. Archival Science, 8(4), 251–266. https://doi.org/10.1007/s10502-009-9093-2
Nisak, F. (2015). Pengaruh Pengetahuan, Keterampilan, Konsep Diri Dan Karakteristik Pribadi Terhadap Kinerja Staf Pada SMK N Se-Kota Pekalongan. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Sumber: http://lib.unnes.ac.id/22227/1/7101411342-s.pdf
Rizki, F. (2020). Studi Pemanfaatan Aplikasi SLiMS Untuk Penelusuran Bahan Pustaka Pada Perpustakaan Pengadilan Tinggi Agama Makassar. Makasar: UIN Alauddin Makasar. Sumber: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/18154/1/STUDI PEMANFAATAN APLIKASI SLIMS UNTUK PENELUSURAN.pdf
Rodin, R. (2013). Penerapan Knowledge Management Di Perpustakaan (Studi Kasus di Perpustakaan STAIN Curup ). Khizanah Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 1(1), 35–46.
Santoso, Jodi. (2021). Kemas Ulang Informasi Koleksi Perpustakaan sebagai Upaya Pemenuhan Kebutuhan Informasi para Pemustaka. ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan, 1(2), 67-72. https://doi.org/10.24821/jap.v1i2.5955
Sukarno, G. A. (2016). Sistem Informasi Perpustakaan di SMAN 1 Cicalengka. 1, 1–19. Sumber: https://repository.unikom.ac.id/4519/
Susilowati, Susilowati. (2021). Layanan Referensi Virtual sebagai Strategi Pelayanan di Masa Pandemi Covid-19. ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan, 1(2), 60-66. https://doi.org/10.24821/jap.v1i2.6009
Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Webtografi
Gitiyatko, V. (2020). Upaya dan Kebijakan Pemerintah Indonesia Mengenai Pandemi Covid-19. Kompas, 1. Sumber: https://kompaspedia.kompas.id/baca/paparan-topik/upaya-dan-kebijakan-pemerintah-indonesia-menangani-pandemi-covid 19?status=sukses_login&status_login=login
Hutahaean, J. (2014). Konsep Sistem Informasi. Deepublish. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=o8LjCAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR7&dq=konsep+data&ots=t-tfxkP-9O&sig=mcUld83hW3o-w34tbGyuf9qNwPk&redir_esc=y#v=onepage&q=konsep data&f=false
Juliandi, A. (2016). Mengolah Data Penelitian Bisnis dengan SPSS (R. Faranita (ed.)). Lembaga Penelitian Dan Penulisan Ilmiah Aqli. Sumber: https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=X8xwDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=teknik+analisis+data+deskriptif&ots=IFGkPFFAEW&sig=EJZVn618amPeMRFOv16Vat7vGUs&redir_esc=y#v=onepage&q=deskripti&f=false
Satuan Tugas Keamanan Covid-19. (2021). Peta Sebaran Covid-19 (hal.1). Sumber: https://covid19.go.id/peta-sebaran
DOI: https://doi.org/10.24821/jap.v2i1.6425
Article Metrics
Abstract view : 1061 timesPDF - 1592 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. ISSN 2808-151X (online) dan ISSN 2808-1641 (print).