Efektivitas Komunikasi Pustakawan dengan Pemustaka pada Layanan Unggah Mandiri di UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta

Iyut Nurcahyadi

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui komunikasi pustakawan kepada pemustaka berdasarkan teori DeVito. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data dalam penelitian ini berdasarkan Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah: pertama, pelaksanaan unggah mandiri dilaksanakan bagi calon wisudawan bulan Maret 2021, kedua, untuk mewujudkan komunikasi yang efektif berdasarakan DeVito pustakawan melakukan pendampingan dan setiap saat dapat melayani berbagai pertanyaan pemustaka selama 24 jam, ketiga, untuk mewujudkan efektifitas komunikasi dalam layanan unggah mandiri UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta menggunakan media komunikasi berupa aplikasi whatsapp dan email untuk mengakses folder bersama dalam google drive yang datanya selalu di-update. Rekomendasi dari hasil penelitian yaitu perlu adanya penambahan server baru untuk mem-backup file yang sudah diunggah oleh mahasiswa, kedua, sudah saatnya mengurangi koleksi tugas akhir dalam bentuk hardcopy dan beralih ke koleksi bentuk softfile, dan ketiga, perlu adanya cloud data berupa repositori institusi sebagai backup maupun bank penyimpanan data koleksi dalam bentuk soft file.

 

Communication Effectiveness of Librarians with Librarians on the Independent Upload Service at UPT ISI Yogyakarta Library. The purpose of this study was to determine the communication of librarians to users based on DeVito's theory. This research uses a descriptive qualitative approach. Data collection techniques used are interviews, observation, and documentation. The data validity technique uses triangulation of techniques and sources. The data analysis in this study was based on Miles and Huberman. The results of this study are: first, the implementation of independent uploads is carried out for prospective graduates in March 2021. Second, to realize effective communication based on DeVito librarians assisting and can serve various user questions for 24 hours. Third, to discover effective communication in services uploaded independently, UPT ISI Yogyakarta Library uses communication media in the form of Whatsapp and email applications to access shared folders in google drive, whose data is continuously updated. Recommendations from the results of the research are that it is necessary to add a new server to back up files that have been uploaded by students. Secondly, it is time to reduce the collection of final assignments in hardcopy form and switch to a collection of soft files, and thirdly, the need for cloud data in the form of institutional repositories as backup and storage bank for data collection in the form of soft files.


Keywords


Komunikasi, media komunikasi, unggah mandiri

Full Text:

PDF

References


Agustiawan. (2018). Evaluasi Kualitas Layanan UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta Berdasarkan Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Yogyakarta: Lembaga Penelitian Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Sumber: http://digilib.isi.ac.id/3934/. Diakses tanggal 1 April 2022 pukul 11.15 WIB.

Agustiawan. (2021). Petunjuk Teknis Unggah Mandiri Karya Ilmiah Mahasiswa Dan Dosen Ke Dalam Repository Institusi DI UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta. Yogyakarta: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta. Sumber: http://digilib.isi.ac.id/7205/. Diakses tanggal 2 April 2022 pukul 13.20 WIB.

Agustiawan. (2022). Analisis Similarity/ Kemiripan Artikel Jurnal Online Terbitan Tahun 2019-2020 di ISI Yogyakarta. ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan, 2(1), 29-43. DOI: https://doi.org/10.24821/jap.v2i1. 6984.

Cangara, H. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi (Ke-dua). PT. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dariyatno. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daryono. (2018). Membangun Komunikasi Efektif dalam Pelayanan Perpustakaan. Media Pustakawan, Vol. 25(2).

Devito, J. A. (1992). The Interpersonal communication book (6 th ed (ed.)). New York: Harper Collins.

Emzir. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Depok: Rajawali Press.

Ihsan, A. (2018). Efektifitas Komunikasi Akun Facebook @ERJEMEDIA dalam Menyebarkan Informasi Dakwah. Journal of Chemical Information and Modeling, 5(1), 15.

Iskandar. (2016). Pelayanan Perpustakaan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Samiyati, Isti Suratmi, Jody Santosa. (2021). Pemanfaatan Layanan Perpustakaan dan Prestasi Akademis Mahasiswa. ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan, 1(1), 32-38 DOI: https://doi.org/10.24821/jap.v1i1.5915




DOI: https://doi.org/10.24821/jap.v2i2.6981

Article Metrics

Abstract view : 569 times
PDF - 812 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseISSN 2808-151X (online) dan ISSN 2808-1641 (print).

View My Stats