Evaluasi Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi Seni di Tengah Pandemi: Studi Kasus Layanan UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini membahas tentang evaluasi layanan perpustakaan perguruan tinggi seni ditengah pandemi dengan mengambil studi kasus layanan UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan layanan digital yang dilakukan UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Analisis data yang penulis adalah analisis data menggunakan teori evaluasi. Layanan perpustakaan dalam jaringan (daring) menjadi solusi layanan yang tepat di masa pandemi Covid-19. Kebijakan layanan daring tersebut direspon oleh pemustaka dengan beragam pendapat dan saran. Dari evaluasi yang dilakukan pemustaka menghendaki layanan daring tetap dijalankan dengan terus berupaya mencari inovasi layanan yang berbasis teknologi digital agar dapat diakses pemustaka secara murah dan dapat dijalankan dimanapun dan kapanpun. Selain terdapat keunggulan, juga terdapat kekurangan atau hambatan yang dijumpai seperti dibutuhkan adaptasi layanan, pemustaka kurang leluasa dalam hal akses informasi, masih banyak ditemui koleksi perpustakaan yang belum digitalkan meskipun sekarang ini informasi dalam bentuk elektronik (e-resources) telah menjadi kebutuhan. Terdapat usulan dari pemustaka tentang peningkatan kualitas layanan di tengah pandemi. Seperti ada yang mengusulkan layanan yang berbasis aplikasi layanan. Muncul pula harapan pemustaka agar semakin banyak database perpustakaan yang terhubung melalui sumber-sumber informasi elektronik (e-resources).
Evaluation of College of Arts Library Services amid a Pandemic: Case Study of UPT ISI Yogyakarta Library Services. This study discusses the evaluation of art college library services amid a pandemic by taking a case study of the services of the ISI Yogyakarta UPT Library. The method used is descriptive with a qualitative approach. This study aimed to evaluate the implementation of digital services carried out by UPT ISI Yogyakarta Library. Data collection methods used in this study were observation, interviews and documentation. Test the validity of the data used is a triangulation technique. The writer's data analysis is data analysis using evaluation theory. Online library services are the right service solution during the Covid-19 pandemic. Users with various opinions and suggestions responded to the online service policy. From the evaluation carried out by users, they want online services to continue to run by looking for service innovations based on digital technology so that users can access them cheaply and run anywhere and anytime. In addition to the advantages, there are also shortcomings or obstacles encountered, such as the need for service adaptation, users being less flexible in terms of access to information, and there are still many library collections that have not been digitized. However, now information in electronic form (e-resources) has become a necessity. Users have suggestions about improving the quality of services amid a pandemic, like someone who proposes a service application-based service. There is also the expectation of users that more and more library databases will be connected through electronic information sources (e-resources).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto & Jabar. (2009). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Agustino, Leo. (2010). Dasar-dasar Kebijaan Publik. Bandung: Alfabeta
Agustiawan. (2019). Evaluasi Kinerja UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta Berdasarkan PPNRI No. 10 Th. 2018 Tentang Isntrumen Akreditasi Perpustakaan Perguruan Tinggi. Yogyakarta: SITER. 38-46.
Dunn N, Willian. (2013). Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Gunawan, Imam. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Hartono, FL Agung, (2021). Dari Balik Jendela Perpustakaan: Goresan Pena Pustakawan. Yogyakarta: Mitra Mekar Berkarya.
Hamdi, Muchlis. (2014). Kebijakan Publik (Proses, analisis dan partisipasi). Bogor: Ghalia Indonesia.
Pasolong, Harbani. (2008). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta Winarno, Budi. 2007. Kebijakan Publik Teori dan Proses. Yogyakarta: Media Pressindo
Samiyati, Samiyati. (2016). Evaluasi Ketersediaan Koleksi Dengan Menggunakan Analisis Sitiran Terhadap Skripsi Jurusan Televisi Fakultas Seni Media Rekam ISI Yogyakarta Tahun 2015 Di UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta. LPPM ISI Yogyakarta. 18.
Widoyoko, Eko Putro. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Webtografi
Christiana, Elisa, (2021). Kebijakan Penerapan Teknlogi Infomasi di Perpustakaan. Elisa’s Project. Sumber : https://elisachristianasproject.wordpress.com/2018/12/14/kebijakan-penerapan-teknologi-informasi-di-perpustakaan.html. Diakses pada 1 September 2021
Informan
Nama : Salsabilla (01)
Jurusan : Desain Komunikasi Visual
Nama : Andre Indrawan (02) Pekerjaan: dosen jurusan music
Nama : Widyatmoko (03)
Pekerjaan: dosen desain komunikasi visual
Nama : Agustiawan (04)
Pekerjaan: Kepala UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Muhammad Rafli Pradanto (05)
Jurusan : Pendidikan Musik
Nama: Pradani (06)
Jurusan : Mahasiswa Program Pascasarjana ISI Yogyakarta
Nama: Juanita Elisabet Janis (07)
Jurusan: FSP Teater
Nama: Tyas Rinestu (08)
Pekerjaan: Direktur Program Pascasarjana ISI Yogyakarta
DOI: https://doi.org/10.24821/jap.v2i1.6987
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. ISSN 2808-151X (online) dan ISSN 2808-1641 (print).