Analisis Penggunaan Aplikasi iPusnas Di Kecamatan Cileungsi Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi

Rizki Ismail Hidayat

Abstract


Penelitian ini membahas tentang analisis penggunaan aplikasi iPusnas di kecamatan Cileungsi dalam memenuhi kebutuhan informasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Fokus penelitian pada persepsi warga kecamatan Cileungsi sebagai pengguna aplikasi iPusnas dalam memenuhi kebutuhan informasi. Pengambilan data dengan metode survei. Peneliti memberikan formulir kepada warga kecamatan Cileungsi berisi pertanyaan mengenai penggunaan aplikasi iPusnas untuk memenuhi kebutuhan informasi. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan aplikasi iPusnas di kecamatan Cileungsi telah memberikan kemudahan dan manfaat bagi warga masyarakat dalam memenuhi kebutuhan informasi. Konten-konten aplikasi perpustakaan digital iPusnas dapat dipahami dengan mudah dan digunakan masyarakat khususnya warga kecamatan Cileungsi.

 

Analysis of the Use of iPusnas Application in Cileungsi District In Meeting Information Needs. This study discusses the analysis of the use of the iPusnas application in the Cileungsi sub-district in meeting information needs. The research method used in this study is the qualitative method. The research focuses on the perception of residents of the Cileungsi sub-district as users of the iPusnas application in meeting information needs. Data collection by survey method. Researchers provided a form to residents of the Cileungsi sub-district containing questions regarding using the iPusnas application to meet information needs. The results showed that using the iPusnas application in the Cileungsi sub-district has provided convenience and benefits for community members in meeting information needs. The contents of the iPusnas digital library application can be easily understood and used by the community, especially residents of the Cileungsi sub-district.


Keywords


perpustakaan digital, aplikasi iPusnas, Cileungsi

Full Text:

PDF

References


Deeson, M. E. (n.d.). A . Pengertian dan landasan Teori Komunikasi dan Informasi Dalam Teknologi Pendidikan. 1–8.

Fauzan & Arti, S. (2018). Analisis Pemanfaatan Aplikasi iPusnas Berbasis Smartphone Di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Jurnal Ilmu Perpustakaan., 7(4), 11–20. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/22944

Maidiana, M. (2021). Penelitian Survey. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 20–29. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.23

Maulana, Y. I. (2018). Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Perpustakaan Digital Nasional (iPusnas) dengan Kerangka PIECES. Bianglala Informatika, 6(1), 51–55.

Saleh, A. R. (2013). Pengembangan Perpustakaan Digital. 5. Q-ta Production

Santoso, J. (2021). Kemas Ulang Informasi Koleksi Perpustakaan Sebagai Upaya Pemenuhan Kebutuhan Informasi Para Pemustaka. ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan, 1(2), 67–72. https://doi.org/10.24821/jap.v1i2.5955

Sugihartati, R. (2014). Perkembangan masyarakat informasi & teori sosial kontemporer. Kencana.

Widayanti, Y. (2015). Pengelolaan Perpustakaan Digital. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v3i1.1579




DOI: https://doi.org/10.24821/jap.v3i1.7817

Article Metrics

Abstract view : 246 times
PDF - 237 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseISSN 2808-151X (online) dan ISSN 2808-1641 (print).

View My Stats