Evaluasi Preservasi Koleksi di Perpustakaan Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran
Abstract
Preservasi bahan pustaka merupakan kegiatan penting di perpustakaan.Tanpa preservasi, koleksi bahan pustaka menjadikurang terawat dan jika dibiarkan akan rusak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui layanan preservasi yang dilakukan Perpustakaan Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran.Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perpustakaan Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran belum menerapkan sistem preservasi secara menyeluruh, akan tetapi sudah melakukan perbaikan-perbaikan sederhana. Preservasi, konservasi, dan restorasi bahan pustaka sangat dibutuhkan perpustakaan. Perlu peran pustakawan dalam melaksanakan dan mengedukasi pemustaka. Tanpa adanya preservasi, konservasi, dan restorasi, koleksi bahan pustaka di perpustakaan lambat laun akan mengalami kerusakan dan menjadi tidak layak digunakan lagi.
Evaluation of Collection Preservation in the Library of the Faculty of Animal Science, Padjadjaran University. Preservation of library materials is an important activity in libraries. Without preservation, the collection of library materials becomes poorly maintained, and if left unchecked, it will be damaged. This study aimed to determine the preservation services the Library of the Faculty of Animal Science, Padjadjaran University, carried out. This research is descriptive research with a qualitative approach. The data collection method uses interviews, observation, and literature study techniques. The results showed that the Library of the Faculty of Animal Science, Padjadjaran University, has not implemented a comprehensive preservation system but has made simple improvements. Libraries need preservation, conservation, and restoration of library materials. It requires the role of librarians in implementing and educating users. Without preservation, protection, and repair, the collection of library materials in the library will gradually suffer damage and become unfit for use again.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darmono. (2021). Manajemen Dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: PT Grasindo.
Dila, B. A. (2020). Standard Operating Procedure Preservasi Koleksi di Perpustakaan (Studi Kasus di Perpustakaan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta). Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 4(1), 111–128.https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v4i1.111-128
Endarti, S. (2022). Perpustakaan Sebagai Tempat Rekreasi Informasi. ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan, 2(1), 23–28. https://doi.org/10.24821/jap.v2i1.6990
Fatmawati, E. (2018). Preservasi, Konservasi, Dan Restorasi Bahan Perpustakaan. Libria, 10(1), 13–32.
Haryanto, H. (2015). Preservasi Koleksi Grey Literature Dalam Kesiagaan Menghadapi Bencana di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jurnal IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia), 2(2), 8–20. https://jurnal.ipi.web.id/jurnalipi/article/view/22
Luki Wijayanti. (2004). Buku Pedoman: Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Depdiknas.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R & D. Bandung: PT. Alfabet.
Yusup, P. M., & Saepudin, E. (2017). Praktik Literasi Informasi Dalam Proses Pembelajaran Sepanjang Hayat (Information Literacy Practices In The Process Of Lifelong Learning). Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 5(1), 79. https://doi.org/10.24198/jkip.v5i1.11387
DOI: https://doi.org/10.24821/jap.v3i1.8133
Article Metrics
Abstract view : 432 timesPDF - 260 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. ISSN 2808-151X (online) dan ISSN 2808-1641 (print).