Perkembangan Pelayanan Perpustakaan Perguruan Tinggi
Abstract
Layanan perpustakaan menjadi penentu optimalnya sebuah perpustakaan. Kesulitan pemustaka dalam melakukan penelusuran informasi menjadi acuan bagi perpustakaan untuk berkembang sesuai perubahan. Untuk itu perlu menelaah secara mendalam untuk mengetahui perkembangan pelayanan perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah narrative literature review dari rujukan yang berkaitan dengan pelayanan perpustakaan perguruan tinggi. Rujukan yang dianalisis sebanyak 12 rujukan yang ditelusuri menggunakan database Google Scholar dengan rentang waktu penerbitan tahun 2013 hingga 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan perpustakaan dibagi menjadi dua, yaitu layanan teknis dan layanan pengguna. Pada pelayanan teknis terjadi proses pengolahan bahan pustaka sebelum dilayankan, sedangkan layanan pengguna merupakan layanan yang berhubungan langsung dengan pemustaka, seperti: layanan ruang baca, layanan sirkulasi, layanan referensi, OPAC (Online Public Access Catalogue), dll. Inovasi layanan perpustakaan dilakukan dengan memanfaatkan media sosial dan website. Inovasi yang dikembangkan yaitu pembangunan perpustakaan digital, layanan ask librarian, layanan book delivery, serta adanya layanan library movie show. Dampak yang dirasakan oleh pemustaka dengan layanan digital yaitu: kegiatan penelusuran informasi dilakukan dengan nyaman, mudah, cepat, dan tepat sesuai dengan kebutuhan pemustaka. Kesimpulannya, pelayanan perpustakaan perguruan tinggi sudah berkembang seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.
The Development of College Library Services. Library services determine the optimization of a library. Users' difficulty searching for information becomes a reference for the library to develop according to changes. For this reason, it is necessary to examine the development of higher education library services in Indonesia in depth. The method used in this research is a narrative literature review of references related to college library services. The 12 references analyzed were traced using the Google Scholar database, which had a publishing period from 2013 to 2023. The results showed that library services are divided into two, namely technical services and user services. In technical services, library materials are processed before being served. In contrast, user services are services directly related to users, such as reading room services, circulation services, reference services, OPAC (Online Public Access Catalogue), etc. Library service innovation is carried out by utilizing social media and websites. Innovations developed are digital library development, ask librarian service, book delivery service, and library movie show service. The impact felt by users with digital services is information search activities are carried out comfortably, easily, quickly, and precisely according to user needs. In conclusion, university library services have developed along with information and communication technology development.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bandono, B. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Aparatur Sipil Negara di UPT Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta. ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan, 2(2), 80–86. https://doi.org/10.24821/jap.v2i2.6989
Ferrari, R. (2015). Writing Narrative Style Literature Reviews. Medical Writing, 24(4), 230–235. https://doi.org/10.1179/2047480615Z.000000000329
Luthfiyah, F. (2016). Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Layanan Perpustakaan. El-Dare, 1(2), 189–200. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare/article/view/676/608
Putra, I. P., & Irawati, I. (2018). Layanan Referensi Sebagai Representasi Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 6(1), 77–94.
Rahayu, L. (2015). Dasar-dasar Layanan Perpustakaan. Universitas Terbuka, 1–43. http://repository.ut.ac.id/4183/
Ramdhani, A., Ramdhani, M. A., & Amin, A. S. (2014). Writing a Literature Review Research Paper: A step-by-step approach. International Journal of Basic and Applied Science, 03(01), 47–56.
Rochmah, E. A. (2016). Pengeloaan Layanan Perpustakaan. Ta’Aallum, 04(46), 277–292.
Rodin, R. (2015). Urgensi Kualitas Pelayanan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 3(1), 101. https://doi.org/10.24198/jkip.v3i1.10274
Suharso, P., Arifiyana, I. P., & Wasdiana, M. D. (2020). Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 4(2), 271–286. https://doi.org/10.14710/anuva.4.2.271-286
Suwanto, S. A. (2017). Manajemen Layanan Repository Perguruan Tinggi. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 3(2), 165. https://doi.org/10.14710/lenpust.v3i2.16740
Wahyu Priyanto. (2015). Pengembangan Sistem Layanan Perpustakaan Digital. Libraria Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 4(1), 1–12.
Wahyuntini, S. (2022). E-Katalog Pameran Seni: Magnet Pemustaka dalam Mengakses Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi Seni. ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan, 2(2), 64–70. https://doi.org/10.24821/jap.v2i2.6985
DOI: https://doi.org/10.24821/jap.v4i2.9610
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. ISSN 2808-151X (online) dan ISSN 2808-1641 (print).