Optimalisasi Pelayanan Perpustakaan Umum Kota Kediri Setelah Pandemi Covid 19

M. Ubaidillah Ridwanulloh, Miftahul Jannah, Moh. Misbakhudin, Frisca Ayu Alvina

Abstract


Pelayanan perpustakaan merupakan suatu usaha yang terdiri dari proses yang terencana dari awal sampai akhir dengan memanfaatkan sumber daya, kemampuan, dan keahlian untuk mencapai tujuan atau sasaran yang diinginkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen pelayanan perpustakaan dalam meningkatkan layanan dan dampak penerapan manajemen pelayanan yang ada di Perpustakaan Umum Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan  teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya Perpustakaan Umum Kota Kediri dalam pemberian layanan perpustakaan antara lain dengan optimalisasi manajemen layanan, kondusifitas sistem organisasi, sistem pengawasan dan sistem keamanan yang dilakukan secara persuasif. Layanan perpustakaan diberikan dengan mengolah bahan bacaan atau bahan pustaka secara optimal untuk pengunjung. Hasilnya pengujung dalam merasakan layanan perpustakaan dapat berjalan dengan baik dan merasa puas.

 

Optimizing Kediri City Public Library Services After Covid 19 Pandemic. Library service is an effort that consists of a planned process from start to finish by utilizing resources, abilities, and expertise to achieve the desired goals or objectives. This study aims to determine library service management in improving services and the impact of implementing service management in the Kediri City Public Library. This study used a qualitative descriptive research method. Data collection is carried out using interviews, observation, and documentation techniques. The results showed that the efforts of the Kediri City Public Library in providing library services include optimizing service management, organizational system conduciveness, supervision systems, and security systems, which were carried out persuasively. Library services are provided by optimally processing visitors' reading materials or library materials. The result is that visitors feel that library services can run well and feel satisfied.

 

 


Keywords


optimalisasi pelayanan, pandemi covid 19, perpustakaan umum kota Kediri

Full Text:

PDF

References


Alimah, R. N. (2022). Efektivitas Sistem Pelayanan Perpustakaan Umum Kota Probolinggo Pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2020-2021. Jurnal Respon Publik, 16(6).

Andi Prastowo. (2012). Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional. Diva Press.

Ayu Wulandari. (2017). Makalah Hasil Observasi Perpustakaan Umum Kota Kediri.

Christiani, L. (2018). Peran Perpustakaan dalam Mewujudkan Budaya Informasi. Jurnal ANUVA, 2(2), 206.

Darmono. (2001). Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. PT. Gramedia Widyasarana Indonesia.

Dewi Purboningsih. (2014). Peningkatan Kualitas Pelayanan Perpustakaan Umum Melalui Pendekatan Sistem Lunak. Jurnal Wacana, 17(2).

Endarti, S. (2022). Perpustakaan Sebagai Tempat Rekreasi Informasi. ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan, 2(1), 23–28. https://doi.org/10.24821/jap.v2i1.6990

Fitri Mutia. (2010). Masyarakat dan Perpustakaan di Era Revolusi Informasi. Universitas Airlangga Surabaya.

Frank Webster. (1995). Theories of Information Society. Routledge.

Helinda Firdausi. (2021). Manajemen Layanan Perpustakaan Digital dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(5), 1089.

HM. Mansyur. (2015). Manajemen Perpustakaan Sekolah. Jurnal Pustakaloka, 7(1).

Inseclopedia. (2021). Perpustakaan. Wikipedia.

Jennifer Rowley. (2010). Library Manegement. Jurnal Emerald Group Publishing, 32(4), 251–256.

Karmidi Matoatmojo. (2008). Pelayanan Bahan Pustaka. Universitas Terbuka.

Lasa, H. S. (2007). Manajemen Perpustakaan Sekolah. Pinus Book Publisher.

Mardiana, S. (2015). Penerapan Sistem Otomasi Di Perpustakaan. Universitas Airlangga Surabaya.

Muchlas Samani. (2001). Manajemen Sekolah. Depdikbud.

Pawit M Yusuf Suhendar dan Yahya. (2010). Pedoman Penyelengaraan Perpustakaan Sekolah. Kencana Pradana Media Group.

Rahayuningsih, F. (2007). Pengelolaan Perpustakaan. Graha Ilmu.

Suherman. (2009). Perpustakaan Sebagai Jantung Sekolah. MQS Publishing.

Sulistyo Basuki. (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Gramedia Pustaka Utama.

Susanto, S. E. (2010). Desain dan Standar Perpustakaan Digital. Jurnal Pustakawan Indonesia, 10(2), 17–23. https://jurnal.ipb.ac.id/index.php/jpi/article/download/5277/3692

Sutarno, N. (2006). Manajemen Perpustakaan. Sagung Seto.

Tri Septiyantono. (2007). Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi.

Ulfatun Riyana. (2016). Manajemen Layanan Perpustakaan SMA Islam Buana Kroya Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. IAIN Purwokerto.

Wiyarsih. (2017). Persepsi Pemustaka Terhadap Desain Interior di Perpustakaan Fakultas MIPA UGM. Jurnal Perpustakaan, 8(1).




DOI: https://doi.org/10.24821/jap.v4i1.9799

Article Metrics

Abstract view : 315 times
PDF - 119 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseISSN 2808-151X (online) dan ISSN 2808-1641 (print).

View My Stats