Penguatan Kompetensi Bernyanyi melalui Pembelajaran Teknik Vokal pada Kelompok Kor PKK Kalurahan Panembahan Kemantren Kraton, Kota Yogyakarta
Abstract
Kelompok Kor PKK Kalurahan Panembahan, Kemantren Kraton, Kota Yogyakarta adalah komunitas ibu-ibu yang aktif dalam kegiatan seni musik khususnya bernyanyi paduan suara. Sebagian besar peserta memiliki keterampilan vokal dasar, pemahaman ritme, dan pengetahuan tentang melodi; namun, mereka menghadapi masalah dengan teknik vokal seperti pernapasan, artikulasi, resonansi, dan kontrol dinamik. Ada beberapa peserta yang terus menggantungkan suara mereka pada pita vokal atas secara berlebihan, yang mengakibatkan kelelahan vokal dan kehilangan kualitas suara di puncak nada. Kondisi ini menjadi alasan dilakukannya penyuluhan seni untuk memberikan pelatihan teknik vokal dari akademisi, yaitu dosen dan mahasiswa. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam teknik bernyanyi, yang mencakup elemen pernapasan, intonasi, artikulasi, resonansi, dan interpretasi lagu. Pelatihan partisipatif digunakan melalui praktik langsung, pendampingan intensif, dan evaluasi kinerja individu dan kelompok. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan vokal, kepercayaan diri, dan kekompakan kelompok. Dengan harmonisasi yang lebih baik, peserta dapat menampilkan lagu daerah dan nasional, termasuk tampil pada peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus di Kemantren Kraton. Program ini selain meningkatkan kemampuan bernyanyi Kelompok Kor PKK Kalurahan Panembahan, juga meningkatkan partisipasi sosial dan kebersamaan masyarakat.
The PKK Group Kelurahan Panembahan, Kemantren Kraton, Yogyakarta City, is a community of mothers who are active in musical arts activities, particularly in choir singing. Most participants had basic vocal skills, an understanding of rhythm, and knowledge of melody. However, they faced issues with vocal techniques such as breathing, articulation, resonance, and dynamic control. There were some participants who consistently relied excessively on their upper vocal cords, resulting in vocal fatigue and loss of voice quality at the high notes. This condition prompted the organization of art counseling sessions to provide vocal technique training led by academics, including lecturers and students. The purpose of this activity is to improve participants' singing techniques, which include elements of breathing, intonation, articulation, resonance, and song interpretation. Participatory training is used through hands-on practice, intensive mentoring, and individual and group performance evaluation. The results of the activity show a significant improvement in vocal ability, self-confidence, and group cohesion. Better harmonization makes participants perform regional and national songs very well with their prominent performance on August 17th, the Independence Day commemoration at the Kraton District. The result indicates that the program not only increases social participation and community togetherness but also improves the singing abilities of the PKK Group of Panembahan Village.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cahyani, N. P. (2023). Terapi Musik: Mengoptimalkan Pengobatan Tradisional dengan Pendekatan Holistik pada Remaja. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(06), 452–461. https://doi.org/10.58812/jmws.v2i6.433
Depari, C. D. A. (2017). Transformasi Ruang Kampung Kauman Yogyakarta Sebagai Produk Sinkretisme Budaya. Jurnal Arsitektur KOMPOSISI, 10(1), 11. https://doi.org/10.24002/jars.v10i1.1044
Heldisari, H. P., & Octavianingrum, D. (2022a). Pelatihan Paduan Suara di Kelompok Seni Mayungan Voice Dukuh Salakan, Kelurahan Potorono, Kec. Banguntapan, Bantul DIY. Jurnal Pengabdian Seni, 3(2), 123–130. https://doi.org/10.24821/jps.v3i2.8179
Heldisari, H. P., & Octavianingrum, D. (2022b). Pelatihan Paduan Suara di Kelompok Seni Mayungan Voice Dukuh Salakan, Kelurahan Potorono, Kec. Banguntapan, Bantul DIY. Jurnal Pengabdian Seni, 3(2), 123–130. https://doi.org/10.24821/jps.v3i2.8179
Kusuma, B. A. (2024). Metode Vocalizing Humming dan Lip Trill untuk Melatih Teknik Vokal Paduan Suara di SMP Negeri 42 Surabaya. JPGENUS: Jurnal Pendidikan Generasi Nusantara, 2(2), 150–163. https://doi.org/10.61787/p02gt003
Mokoagow, J. N., Kaunang, M., & Hartati, R. S. (2023). Pembelajaran Teknik Vokal Dalam Paduan Suara. Kompetensi, 3(10), 2656–2663. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i10.6602
Muhtar, S. W. (2022). Pelatihan Teknik Vokal pada Choral Workshop PGRI Kabupaten Bone. Sarwahita, 19(02), 301–314. https://doi.org/10.21009/sarwahita.192.6
Nugrahaningsih, Z. L. (2022). Pembelajaran Musik Berbasis Kodaly pada Kemampuan Interaksi Sosial Anak Autisme: Studi Literatur. Promusika, 10(1), 43–53. https://doi.org/10.24821/promusika.v10i1.7120
Prasojo, Z. H., Arifin, M., & Abdullah, I. (2020). Dislokasi Identitas Agama dan Budaya Perkotaan: Perkembangan Kampung Wisata di Kota Yogyakarta. JSW (Jurnal Sosiologi Walisongo), 4(1), 17–34. https://doi.org/10.21580/jsw.2020.4.1.5545
Putri, G. A., & Dharmawanputra, B. (2021). Pembelajaran Teknik Vokal Dangdut Di Puntadewa Musik Trenggalek. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 10(1), 68–81. https://doi.org/10.26740/jps.v10n1.p68-81
Rianto, Octarina, D., Nurmalida, E., & Riyadi, A. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Keterampilan, Penguatan Kelembagaan, dan Peningkatan Partisipasi dalam Mempersiapkan Desa Wisata. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 20–39.
Septini, R., & Martiati, L. (2022). Strategies for Children’S Online Vocal Learning At Buaran Music Studio Purwacaraka. Jurnal Penelitian Musik, 3(1), 1–9.
Simangunsong, E., Parasian, A. G., & Lasro, H. (2023). Upaya Peningkatan Bernyanyi Paduan Suara untuk Remaja Gereja HKBP Taman Deli dalam Kegiatan Praktik Lapang Tematik. Jurnal Pengabdian Seni, 4(1), 36–42. https://doi.org/10.24821/jps.v4i1.9409
Song, H., & Cai, L. (2024). Interactive learning environment as a source of critical thinking skills for college students. BMC Medical Education, 24(1), 270. https://doi.org/10.1186/s12909-024-05247-y
Wati, D. D. F., Murwaningsih, T., & Sukmawati, F. (2024). Inovasi Pembelajaran berbasis Video Tutorial: Optimalisasi Keterampilan Administrasi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1301–1307. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3350
DOI: https://doi.org/10.24821/jps.v6i2.17611
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. ISSN 2774-4787 (online) dan ISSN 2809-3380 (cetak).



