PANGGUNG TEATER DAN HEGEMONI VIRTUAL PENYESUAIAN ATAU PENCAPAIAN ESTETIK
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Achmad, K. (2006). Mengenal Teater Tradisional di Indonesia. Dewan Kesenian Jakarta.
Afriani, T. (1998). GEDUNG PERTUNJUKAN TEATER KONTEMPORER Dl YOGYAKARTA. Universitas Islam Indonesia.
Anindita, N., & Yoshianthini, V. (2021). Serial Musikal NURBAYA Episode 1. IndonesiaKaya. https://www.youtube.com/watch?v=WzFZket20EI
Bourdieu, P. (1996). The Rule of Art, Genesis and Structure of the Literary Field. (E. Susan (trans.)). Cambridge: Polity Press.
Bourdieu, P. (2012). Arena Produksi Kultural Sebuah Kajian Sosiologi Budaya (Y. Santoso (trans.); 2nd ed.). Kreasi Wacan.
Chapple, F., & Kattenbelt, C. (2006). Intermediality in Theatre and Performance. Rodopi.
Chatzichristodoulou, M. (2022). Covid-19: theatre goes digital – provocations. International Journal of Performance Arts and Digital Media, Volume 18(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1080/14794713.2022.2040095
Cinthya, A., & Bachrun, A. S. (2016). Kajian Terhadap Ruang Tata Panggung Teater Tradisional. Jurnal Arsitektur, Bangunan, & Lingkungan, 5, 75–82. https://media.neliti.com/media/publications/265295-kajian-terhadap-ruang-tata-panggung-teat-235dedf4.pdf
Dalila, S. (2022). Transformasi Teater Panggung Menuju Videografi Teater. TONIL: Jurnal Kajian Sastra, Teater Dan Sinema, 19(1), 29–41. https://doi.org/10.24821/tnl.v19i1.6153
Fitriyani, F., & Fauzia, A. (2022). Modernisasi Pertunjukan di Hindia Belanda: Komedie Stamboel Grup Miss Riboet’s Orion dan Dardanella, 1925-1935. Socio Historica: Journal of Islamic Social History, 1(1), 15–35. https://doi.org/10.15408/sh.v1i1.25293
Giannachi, G. (2004). Virtual theatres: An introduction. (1st ed.). Routledge Taylor & Francis Group. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9780203500033
Latiar, H. (2019). Penerapan Logika Berpikir Pierre Bordieu Bagi Pustakawan. Jurnal Pustaka Budaya, 6(2), 50–54. https://doi.org/10.31849/pb.v6i2.3175
Leitermann, G. (2017). Theater Planning Facilities for Performing Arts and Live Entertainment (1st ed.). Routledge. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9781315713069
Mona, R. M. (2021). SITI SEROJA - PerempuanBerkarya - TeaterKomaPentasDiSanggar. Teater Koma. https://www.youtube.com/watch?v=Ri3AhMJoCRc
Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.
Paulus, G. (2022). Teknologi Gawai Untuk Mendukung Pertunjukan Teater Virtual Semasa Pandemi. Noctis, 01(01), 1–23.
Purnomo, H., Ningsih, T. R., & Putri, R. M. (2023). Pemberdayaan Komunitas Teater Tradisi Melalui Karya Virtual Untuk Meningkatkan Kemampuan Information and Technology (IT). Gayatri : Jurnal Pengabdian Seni Dan Budaya, 1(2), 70–81. https://doi.org/10.20111/gayatri.v1i2.27
Sathotho, S. F. (2022). Konvensi Teater Panggung Dalam Pementasan Teater Virtual Siti Seroja Oleh Teater Koma. Repository Universitas HKBP Nommensen, 13(1), 70–79. http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7020
Shields, R. (2011). Virtual sebuah pengantar komprehensif (H. Oktaviani (trans.); 1st ed.). Jalasutra.
Wibowo, P. N. H., & Burhan, M. A. (2023). Politik Propaganda Jepang dan Sejarah Kelahiran Teater Modern Indonesia Pendahuluan. Tonil Jurnal Kajian Sastra, Teater Dan Sinema, 20(2), 150–158.
DOI: https://doi.org/10.24821/tnl.v22i1.13810
Refbacks
- There are currently no refbacks.