ANALISIS UNSUR INTRINSIK NASKAH DRAMA KANEKES KARYA DC ARYADI
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, memahami, dan mendeskripsikan unsur intrinsik dan hubungan antar unsur intrinsik yang membangun yang terdapat dalam naskah drama Kanekes karya DC Aryadi. Rumusan Masalah 1. Bagaimana analisis unsur intrinsik pada naskah drama Kanekes karya DC Aryadi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan Studi Kepustakaan. analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi data, interventarisasi data, klasifikasi data, analisis data sesuai dengan teori yang dirujuk, dan menyimpulkan hasil analisis. metodologi penelitian deskriptif kualitatif, menggunakan pendekatan strukturalisme levi strauss. Berdasarkan hasil penelitian pada naskah drama Kanekes karya DC Aryadi, analisis unsur intrinsik meliputi alur, penokohan, latar, dialog, tema, dan amanat telah menunjukkan adanya keterkaitan erat antar-unsur dalam membangun narasi dan pesan cerita. Berdasarkan hasil analisis dan kesimpulan, dari simpulan tersebut diketahui bahwa naskah drama Kanekes Karya DC Aryadi terdiri atas enam unsur yang membangun. Naskah drama yang baik adalah naskah drama yang terdiri dari unsur-unsur lengkap yang membangun naskah itu sendiri. Melakukan analisis strukturalisme bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu diperlukan keseriusan dan ketelitian dalam memahami sebuah karya sastra agar didapat hasil yang maksimal.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amidong, H. H. (2016). Penokohan dalam karya fiksi. Universitas Muslim Indonesia, 2–3.
Efendi, C., & Sukidi, M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Acak Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 3111–3120. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/39/article/viewFile/28146/25750
Firmanda, G. E., Effendy, C., & Priyadi, A. T. (2018). Struktur Dan Fungsi Sastra Lisan Masyarakat Senganan Kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(3), 1–10.
Fitriani, H. (2019). Analisis Penokohan Tokoh Ainun dalam Novel Habibi dan Ainun Karya Baharudin Jusuf Habibi. Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 17–22. https://doi.org/10.30599/spbs.v1i1.518
Guntur, M. (2019). Konsep Dasar Analisis Data Kualitatif (Marnayana (ed.)). Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Kusumawati, K., Doyin, M., & Mulyono, D. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Melalui Media Kartu Gambar Dengan Metode Picture and Picture. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 31–36. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi
Lévi-Strauss, C. (1963). Structural Anthropology (trans. Claire Jacobson).
Madeamin, S. (2021). Analisis Cerita Rakyat Toraja Massudilalong Sola Lebonna Melalui Pendekatan Struktural. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 772–788. https://e-journal.my.id/onoma/article/view/1483
Mansur, S. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter pada Ekstrakurikuler Drama (Teater). ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9), 1689–1699. www.journal.uta45jakarta.ac.id
Maulana. (2019). Analisis Unsur Intrinsik Teks Drama Dalam Buku Kumpulan Teks Drama “Teater Dalam Demokrasi-Demokrasi Dalam Teater” Sebagai Alternatif Pemilihan Bahan Ajar Drama Pada Siswa Kelas XI SMA. Universitas Siliwangi.
Meliana Maula, G. M. R., & Rizal, S. R. (2023). Struktur Dramatik Skema Hudson Pada Naskah Drama “Krakatoa” Karya Mahdiduri. Pengembangan Pendidikan, 8(1), 120–130. https://jurnalhost.com/index.php/jpp/article/view/570/722
Nurgiyantoro. (1995). Teori Pengkajian Fiksi. Gajah Mada University Press.
Purnami, I. A. P. (2012). Implikatur Percakapan dalam Naskah Drama Gong Gusti Ayu Klatir Karya A.A. Wiyat S. Ardhi. Jurnal Lampuhyang, 3(1), 64–78. https://e-journal.stkip-amlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang
Purwasih, N. (2022). Analisis Naskah Drama Lumpur Kemiskinan Karya Marjan Fariq Adaptasi Dari Cerpen Gerobak Karya Seno Gumira Ajidarma: Suatu Pendekatan Humaniora. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1878–1882. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3232
Resti Nur Fitriani, Ari Kartini, C. D. J. (2019). Vol. 9 number 3 ---- Oktober 2019. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Bahasa Daerah, 9(3), 220–226.
Sari, A. N. (2012). Karakteristik Latar Novel Penulis Cilik Oryza Sativa. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 01, 1–11.
Strauss, L. (1964). The raw and the cooked. Veredes, Arquitectura y Divulgacion, 1964(10), 24–27. https://doi.org/10.4324/9780203646915-5
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); 2020th ed.). Alfabeta.
Suryanto, E. (2016). Pengembangan Materi Ajar Mata Kuliah Apresiasi Drama Melalui Penggalian Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Naskah Drama Panembahan Reso Karya W.S. Rendra. Bahasa Dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni Dan Pengajarannya, 44(2), 207–223. https://doi.org/10.17977/um015v44i22016p207
Syamsul Rizal. (2019). Struktur Pola Tabuh Rampak Bedug pada Sanggar Bale Seni Ciwasiat Kabupaten Pandeglang. 6(3).
Tanjung, R., Supandi, A., & Nurhaolah, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Cerita Pendek Dengan Menggunakan Metode Talking Stick Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 1(1), 82–91. https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.43
Violita, E., & Noor, R. (2023). Struktur Dan Nilai Pendidikan Karakter Tokoh Utama Dalam Novel Represi Karya Fakhrisina Amalia (Structure and Educational Values of the Main Character in Represi Novel By Fakhrisina Amalia). Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 13(2), 293. https://doi.org/10.20527/jbsp.v13i2.15325
Waluyo. (2002). Drama Teori dan Pengajarannya (Ari Wulandari (ed.); 2002nd ed.). PT. Hanindita Graha Widya.
Wiyanto, A. (2002). Terampil Bermain Drama. Grasindo.
Wiyatmi B. (2009). Pengantar Pengkajian Sastra. In Pengantar Pengkajian Sastra. Pustaka Pelajar.
Yakob, M., & Sari, M. (2018). Penerapan Metode Discovery Learning Pada Materi Ajar Unsur Intrinsik Cerpen. Samudra Bahasa, 32(01), 42–49. https://ejurnalunsam.id/index.php/JSB/article/download/1617/1199
DOI: https://doi.org/10.24821/tnl.v22i1.13909
Refbacks
- There are currently no refbacks.