PENGEMBANGAN METODE IMPROVISASI KETOPRAK UNTUK PELATIHAN TEATER MODERN

nanang arisona

Abstract


Abstrak: Tujuan umum penelitian ini adalah mengembangkan metode improvisasi dalam ketoprak  menjadi metode pelatihan dalam teater modern, sehingga menghasilkan metode pelatihan yang sistematis, aplikatif, dan terukur. Tujuan khusus penelitian ini adalah: (1) mengidentifikasi metode improvisasi dalam ketoprak sebagai upaya penggalian nilai-nilai tradisi; (2) merancang metode improvisasi untuk pelatihan teater modern; (3) mengaplikasikan metode improvisasi dalam pelatihan teater modern. Penelitian ini dirancang dengan pendekatan reseach and development. Penelitian ditindaklanjuti dengan pengembangan metode dan aplikasi metode dalam pelatihan dan pementasan. Langkah-langkah penelitian adalah: (1) pengumpulan data; (2) pengelolaan data ; (3) analisis data; (4) merancang metode; (4) implementasi metode; (5) penyempurnaan metode. Penelitian ini bersifat multi years yang dirancang dalam dua tahap. Tahap pertama adalah mengidentifikasi metode improvisasi ketoprak, merancang metode, aplikasi metode dalam pelatihan. Tahap kedua adalah mengaplikasikan metode dalam pementasan dan penyempurnaan metode. Capaian penelitian tahap kedua ini adalah metode improvisasi untuk pelatihan teater modern dalam bentuk buku.

 

Kata kunci: Improvisasi, ketoprak, pelatihan teater modern

 

Abstract: The general objective of this research is to develop methods of improvisation in ketoprak to become training methods in modern theaters, so as to produce training methods that are systematic, applicable, and measurable. The specific objectives of this research are: (1) to identify improvised methods in ketoprak as an effort to explore traditional values; (2) designing improvised methods for modern theater training; (3) applying the improvisation method in modern theater training. This research was designed with a reseach and development approach. The research was followed up with the development of methods and application of methods in training and staging. The research steps are: (1) data collection; (2) data management; (3) data analysis; (4) designing methods; (4) method implementation; (5) perfecting the method. This research is a multi-year study designed in two stages. The first stage is to identify ketoprak improvisation methods, design methods, application methods in training. The second step is to apply the method in staging and perfecting the method. This second stage of research is an improvised method for training modern theater in book form.

 

Key words: Improvisation, ketoprak, modern theater training


Full Text:

PDF

References


Bogdan, R. S. & Biklen. (1982). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon.

Rendra. (1993). Seni Drama untuk Remaja. Jakarta: Pustaka Jaya.

Sitorus, E.D. (2003). The Art of Acting Seni Peran untuk Teater, Film dan TV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Spolin, V. (2011). Improvisation for The Theater A Handbook of Teaching and Directing Techniques, Northwestern: Northwestern University Press.

Sudyarsana, H. K. (1989). Ketoprak. Yogyakarta: Kanisius.

Susanto, B. S. J. (Ed.). (2000). Imajinasi Penguasa dan Identitas Postkolonial Siasat Politik (Kethoprak) Massa Rakyat. Yogyakarta: Kanisius.

Van Peursen, C.A. (1985). Susunan Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.24821/tnl.v14i2.3095

Article Metrics

Abstract view : 267 times
PDF - 747 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Flag Counter 

  

View My Stats

 

 

ISSN: 1411-6464 (Print)

ISSN: 2685-8274 (Online)