Pengembangan Majalah Sekolah Digital dengan Basic Design untuk Meningkatkan Literasi Digital di SMKN Jenawi Karanganyar
Abstract
Peningkatan literasi digital menjadi salah satu fokus pemerintah dalam beberapa tahun terakhir untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan kompetitif, terutama pada kalangan pelajar. Salah satu langkah yang diambil adalah mengembangkan majalah sekolah ke dalam bentuk digital dan menerapkan pengetahuan dasar desain dalam pembuatan majalah sekolah untuk menarik minat baca siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sebuah majalah sekolah digital dengan menerapkan dasar desain untuk menarik minat baca siswa sehingga dapat menumbuhkan dampak yang baik pada pengetahuan dan sikap. Hasilnya, 94% siswa menyatakan bahwa desain majalah yang menarik dapat meningkatkan minat literasi mereka. Metode yang digunakan adalah kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi lapangan, survei, dokumentasi, dan analisis literatur menggunakan pendekatan deskriptif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anam, K. (2023). Paling Rendah di ASEAN, Tingkat Literasi Digital RI Cuma 62%. Retrieved 6 December 2023, from https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230214171553-37-413790/paling-rendah-di-asean-tingkat-literasi-digital-ri-cuma-62
Anisa, A. R., Ipungkarti, A. A., & Saffanah, K. N. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. Conference Series Journal, 1(1), 1–12.
Direktorat Sekolah Dasar. (2021). Minat Baca Tulis Netizen Turun di Era Digital, Lebih Banyak Komen dan Update Status. Retrieved 6 December 2023, from https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/minat-baca-tulis-netizen-turun-di-era-digital-lebih-banyak-komen-dan-update-status
Diyanti, K. R., Wendra, W., Asih, A., & Tantri, S. (2021). Majalah Sekolah Gempita Esaba Dan Relevansi Terhadap Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di Smp Negeri 1 Bangli. JPBSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 11(2), 250–259. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i2.36175
Ilomäki, L., Lakkala, M., Kallunki, V., Mundy, D., Romero, M., Romeu, T., & Anastasia, G. (2023, December 1). Critical digital literacies at school level: A systematic review. Review of Education. John Wiley and Sons Inc. DOI: https://doi.org/10.1002/rev3.3425
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. DIRASAH (Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar), 5(2), 138–151. DOI: https://doi.org/https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.402
Lukitasari, E. H. (2021). Pengabdian Penempatan Typografi Pada Majalah di Smk N Jenawi. Jurnal Pengabdian Teknologi Tepat Guna, 2(1), 34–44. DOI: https://doi.org/10.47942/jpttg.v2i1.718
Prabowo, S. (2021). Pengembangan Majalah Digital Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Project Based Learning pada Materi Pelajaran Batik untuk Meningkatkan Kreativitas Membatik Siswa Kelas VII di MTS Negeri 3 Bantul. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 10(1), 90–101.
Rachman Hakim, A., & Hidayani, R. (2021). Penerapan Prinsip Dasar Desain dalam Pembuatan Media Visual Fisika SMA. WaPFi: Wahana Pendidikan Fisika, 6(1), 46–54.
Ramadhina, S. R., & Pranata, K. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Aplikasi Flipbook di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7265-7274. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3470
Roemintoyo, R., & Budiarto, M. K. (2021). Flipbook as innovation of digital learning media: Preparing education for facing and facilitating 21st Century learning. Journal of Education Technology, 5(1), 8-13.
Rosita, N. (2023). Kelebihan Flipbook Sebagai Media Pembelajaran Abad 21, Disertai Cara Membuatnya. Retrieved 25 January 2024, from https://kumparan.com/bunga-matahari-1695019536741626955/kelebihan-flipbook-sebagai-media-pembelajaran-abad-21-disertai-cara-membuatnya-21DFgpJ35ug/3
Setiadi, M. I., Muksar, M., & Suprianti, D. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Flipbook Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(4). DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v5i4.2542
Setiawan, A., & Akrom, A. (2020). Pencapaian Media Digital Dalam Penanaman Karakter Progam Studi Unggulan (Studi Kasus Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Dian Nuswantoro). ARS: Jurnal Seni Rupa & Desain, 23(2), 93–100. DOI: https://doi.org/https://doi.org/10.24821/ars.v23i2.4093
Sriyanti, I., Almafie, M. R., Marlina, L., & Jauhari, J. (2020). The effect of using flipbook-based e-modules on student learning outcomes. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 3(2), 69-75.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Sutopo,Ed.). Bandung: Alfabeta.
Tranggono, Niswan, S., Diansiwi, P., Pradana Alif Gustama, M., Nuwwara Khalisha, Y., & Zuhriyatun Nasihah, R. (2023). Minimnya Literatur di Era Digital pada Remaja (Usia 12-18 Tahun). Bureaucracy Journal: Indonesia Journal of Law and Social-Political Governance, 3(2). DOI: https://doi.org/10.53363/bureau.v3i2.304
Widada, S., & Vijaya Kusuma, V. (2020). Perancangan Media Promosi dan Informasi Berbentuk Desain Majalah Pada SMK Ki Hajar Dewantoro. MAVIB Journal (Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting), 1(2), 241–250.
Wulandari, S., Aji, R. I., Izzah, N., & Permanasari, D. E. (2022). Perancangan E-Booklet Tentang Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) Berbahaya Untuk Siswa SD. ARS: Jurnal Seni Rupa & Desain, 25(1), 71–78. DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v25i1.6423
DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v27i1.12252
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
visitor visitor