Analisis Video TikTok untuk Mempertahankan Perhatian Konsumen terhadap Layanan Online Jasa Aqiqah di Media Sosial

Lathifah Ramadini, Yanuar Rahman, I Dewa Alit Dwija Putra

Abstract


Perkembangan media sosial saat ini dapat membantu promosi penjualan suatu bisnis untuk memperkenalkan produknya. Untuk mempertahankan perhatian konsumen, perlu dilakukan promosi yang konsisten di media sosial seperti TikTok. Salah satu bisnis layanan Aqiqah, bernama Syamil Aqiqah, melakukan promosi produk melalui konten TikTok dengan strategi promosi menggunakan penyampaian pesan yang terdiri dari informing, persuading, dan reminding. Informing berfokus pada pemberian detail produk, proses aqiqah, dan sertifikasi halal. Persuading berfungsi untuk mempromosikan keunggulan dan penawaran khusus kepada konsumen. Reminding digunakan untuk mempertahankan perhatian dan mengingatkan konsumen. Melalui algoritma TikTok, konten promosi berhasil masuk ke For You Page dengan tingginya interaksi, mencerminkan keberhasilan strategi promosi dalam membangun interaksi positif dan meningkatkan visibilitas produk di TikTok. Analisis menunjukkan bahwa konten promosi berhasil mendapatkan 746.900 penonton, 15.200 likes, dan 777 komentar; konten informasi mendapatkan 1.900.000 penonton, 90.300 likes, dan 849 komentar; dan konten tips mendapatkan 198.500 penonton, 3.304 likes, dan 124 komentar. Dengan kombinasi pesan informing, persuading, dan reminding, bisnis dapat membangun interaksi kuat dengan konsumen serta memperluas jangkauan pemasaran mereka.


Keywords


konten video, layanan aqiqah, media sosial, tiktok

Full Text:

PDF

References


Annisa, Z. N., & Wulansari, D. (2024). Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi di Staffee. Ca Bouquet Sidoarjo. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 6(4), 31-40. DOI: https://doi.org/10.8734/musytari.v6i4.4247

Astuti, DP, & Desriyeni, D. (2018). Pembuatan Video sebagai Sarana Promosi Perpustakaan di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pesisir Selatan. Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan , 7 (1), 181-189.

Fadillah, SS (n.d). Strategi Promosi Website Digital Internetmarketerpro. Bersama. Retrieved from https://repository.uniga.ac.id/file/mahasiswa/1302366337.pdf

Hariyanti, S. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Sarana Promosi Kripik Jamur Tiram. Al-Muraqabah: Journal of Management and Sharia Business, 2(2), 126-145.

Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media sosial instagram sebagai sarana promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25-32.

Ita Suryani, L., Handar, M., & Ekasuci, R. (2020). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Promosi Bagi Radio Mersi 93.9 Fm. Journal Komunikasi, 11(1), 67-68. DOI: https://doi.org/10.31294/jkom.v11i1.7886

Jones, IV, Kim, S., Tang, H., & Liu, Z. (2024). Orang kulit hitam di Ukraina: Analisis konten video TikTok yang mendokumentasikan diskriminasi terhadap orang kulit hitam yang mencoba melarikan diri pada awal perang Rusia-Ukraina tahun 2022. Dialog dalam Kesehatan, 4, 100161.

Kristia, S. E., & Harti, H. (2021). Pengembangan Media Promosi Berbasis Aplikasi Tiktok Untuk Meningkatkan Minat Beli Produk UKM DM-Seafood. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1428-1438. DOI: https://doi.org/10.26740/jptn.v9n3.p1428-1438

Manurung, R. S. M., Dharta, F. Y., & Lubis, F. M. (2022). Pengaruh Tayangan Konten Racun TikTok Terhadap Keputusan Pembelian Di Komunitas Prefix. Media Bina Ilmiah, 16(10), 7559-7568.

Permatasari, D., Februadi, A. C., & Gunawan, A. I. (2021, September). Proyek Meningkatkan Brand Awareness Forget Me Not Coffee Melalui Video Promosi di Instagram. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (Vol. 12, pp. 1144-1149).

Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas media sosial sebagai media promosi. Tirtayasa Ekonomika, 12(2), 212-231. DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jte.v12i2.4456

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80. DOI: https://doi.org/10.34010/COMMON.V3I1.1950

Rahman, Y. (2023). Analisis Konten Visual pada Akun Instagram Desa Ciburial sebagai Sarana Promosi Wisata. Visualita, 12(1). 13-25. DOI: https://doi.org/10.34010/visualita.v12i1.10736

Sari, YP (2022). Persepsi Konsumen Terhadap Promosi pada Aplikasi “FISDOK” Solusi Smart Pelayanan Kesehatan: Studi kasus: Desa Banjarsari, Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak. MAMEN: Jurnal Manajemen, 1 (2), 134-145. DOI: https://doi.org/10.55123/mamen.v1i2.193

Siswanto, T. (2013). Optimalisasi sosial media sebagai media pemasaran usaha kecil menengah. Liquidity: Jurnal Riset Akuntansi dan Manajemen, 2(1), 80-86. DOI: https://doi.org/10.32546/lq.v2i1.134

Sukmawati, RP, & Huda, AM (2022). Efektivitas Terpaan Media Tiktok Sebagai Sarana Promosi Produk Bittersweet by Najla. Komersial, 5 (01), 146-158. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/44907

Syarif, A., & Wijayanto, H. (2017). Analisis Pengaruh Kemenarikan Desain Website, Kepercayaan dan Profesionalisme terhadap Keputusan Pembelian Online Jasa Aqiqah. IKRA-ITH INFORMATIKA: Jurnal Komputer Dan Informatika, 1(2), 94-103.




DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v27i2.12255

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

visitor visitor