MENGANALISIS PROSES KREATIF, TEKNIK, DAN ESTETIKA PADA KARYA SENI KERAMIK

Laila Nurfadhilah, Asep Miftahul Falah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses kreatif, teknik, dan estetika pada karya seni keramik dengan fokus studi kasus di Pabrik Barokah Keramik, Sukapura, Bandung. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif-analisis, penelitian ini menggali bagaimana praktik pembuatan keramik tradisional dan modern dipadukan dalam satu ruang produksi. Keramik sebagai cabang seni rupa telah mengalami perkembangan panjang dari masa prasejarah hingga era kontemporer, mengedepankan fungsi sekaligus nilai estetika. Dalam konteks keramik di Pabrik Barokah Keramik Sukapura Bandung, berbagai teknik seperti pijat, pilin, lempengan, putar, dan cetak diterapkan untuk membentuk karya, kemudian diperkaya melalui pewarnaan glasir dan teknik dekorasi lainnya. Studi ini juga menyoroti bagaimana inovasi material dan teknologi modern telah memperluas kemungkinan artistik dalam seni keramik, sekaligus mempertahankan unsur tradisi yang menjadi akar budaya lokal. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pemahaman perkembangan seni keramik di Indonesia, khususnya dalam mempertahankan kearifan lokal di tengah arus perkembangan teknologi digital.

Kata kunci: seni keramik; proses kreatif; estetika; inovasi; ekspresi seni

---

Analyzing the Creative Process, Techniques, and Aesthetics in Ceramic Artworks. This research aims to analyze the creative process, techniques, and aesthetics of ceramic artworks with a case study focus at Barokah Keramik Factory, Sukapura, Bandung. Using a qualitative approach with a descriptive-analytical method, this research explores how traditional and modern ceramic making practices are combined in one production space. Ceramics as a branch of fine art has undergone a long development from prehistoric times to the contemporary era, prioritizing function as well as aesthetic value. In the context of ceramics at Barokah Keramik Sukapura Factory in Bandung, various techniques such as massage, twisting, slabbing, turning, and molding are applied to form works, then enriched through glaze coloring and other decoration techniques. The study also highlights how modern material and technological innovations have expanded the artistic possibilities in ceramic art, while maintaining the traditional elements at the root of local culture. The results of this study are expected to contribute to the understanding of the development of Indonesian ceramic art, especially in maintaining local wisdom in the midst of digital technology development.

Keywords: ceramic art; creative process; aesthetics; innovation; art expression


Keywords


seni keramik; proses kreatif; estetika; inovasi; ekspresi seni

Full Text:

PDF

References


Agustin, F. D., Sugiarti, T., Yudianto, E., Priciliya, S., & Dewi, N. S. (2021). Etnomatematika pada aktivitas pembuatan gerabah di Desa Kesilir Wuluhan Jember sebagai lembar kerja siswa. Journal of Mathematics Education and Learning, 1(2), 166-177. https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i2.24335

Aprilia, H., Ponimin, & Sidyawati, L. (2022). Seni keramik gerabah sentra Bumijaya Serang: Studi proses produksi dan desain ragam hias gerabah berciri khas Banten. Journal of Language, Literature, and Arts, 2(4), 561-581. https://doi.org/10.17977/um064v2i42022p561-581

Ariyani, L. P. S., Atmadja, N. B., & Atmadja, A. T. (2022). Hiasan bunga teratai pada penjor Galungan sebagai teks etika sosial penegakan dharma. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama dan Budaya Hindu, 13(2), 53-68. https://doi.org/10.33363/ba.v13i2.823

Badreswara, R. A. (2022). Perancangan produk tableware keramik berornamen batik Kawung dengan mempertimbangkan keakurasian dan kepresisian rancangan [Skripsi S1, Universitas Atma Jaya Yogyakarta]. E-Journal Universitas Atma Jaya Yogyakarta. https://e-journal.uajy.ac.id/28425/

Falah, A. M., Cahyana, A., & Gani, S. Z. (2024). Passing down traditions and culture: Methods of painting education at the Jelekong Painting Center, Bandung, Indonesia. ISVS E-journal, 11(2), 92-117. https://doi.org/10.61275/ISVSej-2024-11-02-07

Falah, A. M., Cahyana, A., & Yana, D. (2016). Fungsi kaligrafi Arab pada masjid-masjid di Kota Bandung. ATRAT: Jurnal Seni Rupa, 4(3), 286-299. https://doi.org/10.26742/atrat.v4i3.368

Futty, A., Cahyana, A., & Falah, A. M. (2021). Boneka “Menong” sebagai ikon Purwakarta: Pengaruh masyarakat terhadap wujud keramik “Menong”. ATRAT: Jurnal Seni Rupa, 9(3), 301-305. https://doi.org/10.26742/atrat.v9i3.1776

Herdiana, Soedarmo, U. R., & Kusmayadi, Y. (2020). Motif ragam hias dan nilai-nilai filosofis batik Ciamis. Jurnal Artefak, 7(1), 53-62. http://dx.doi.org/10.25157/ja.v7i1.3366

Kosasih, R. I., Haryono, T., & Nugraha, W. (2019). Perubahan fungsi pada ornamen Tionghoa Gereja Santa Maria De Fatima Jakarta. Jurnal Kajian Seni, 6(1), 38-57. https://doi.org/10.22146/jksks.52230

Pramesti, R. A. (2023). Karakteristik ikan koi sebagai sumber penciptaan karya seni grafis. Journal of Contemporary Indonesian Art, 9(2), 166-174. https://doi.org/10.24821/jocia.v9i2.7736

Regina, B. D. (2017). Jenny Lee: Keramikus dan pendidik seni keramik di Surabaya. Mudra: Jurnal Seni Budaya, 32(2), 253-261. https://doi.org/10.31091/mudra.v32i2.115

Rosadi, H. (2018). Keramik Plered, Purwakarta, Jawa Barat riwayatmu kini. Jurnal Dimensi Seni Rupa dan Desain, 14(2), 113-130. https://doi.org/10.25105/dim.v14i2.2874

Sauw, J. (2022). Ensiklopedia adat istiadat dan tradisi Tionghoa-Indonesia. Penerbit Andi.

Sitorus, N. H. S. (2024). Perbandingan pembelajaran kaligrafi: Pesantren modern dengan tradisional di Sumatra Utara. CAUSALITY: Journal National Public Issues, 1(1), 1-7. https://journal.inacexter.com/index.php/causality/article/view/17

Sunarini, N. M. R. (2016). Pengembangan bentuk guci keramik dengan motif ornamen tradisi Bali [Laporan Penciptaan]. Institut Seni Indonesia Denpasar. http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/5230

Suryana, C. (2018). Makna simbolik dan wujud estetik naga dalam kebudayaan Jawa pada Sengkalan Dwi Naga Rasa Tunggal dan Dwi Naga Rasa Wani di Keraton Yogyakarta. ARTic, 1(2), 83-91. https://doi.org/10.34010/artic.2018.2.2526.83-91

Wibowo, Y. S., & Susilowati, D. (2023). Kajian ornamen pada Vihara Dhanagun di Kota Bogor. UG Jurnal, 17(4), 25-41. https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/ugjournal/article/view/9463

Yana, D., Dienaputra, R. D., Suryadimulya, A. S., & Sunarya, Y. Y. (2020). Budaya tradisi sebagai identitas dan basis pengembangan keramik Sitiwangun di Kabupaten Cirebon. Panggung, 30(2), 204-220. https://doi.org/10.26742/panggung.v30i2.1045

Yana, D., Dienaputra, R. D., Suryadimulya, A. S., Sunarya, Y. Y., & Julia, J. (2022). Adaptation of local traditions in revitalizing the Plered Ceramic Craft Center, West Java, Indonesia. The International Journal of Design Management and Professional Practice, 16(2), 1-21. https://doi.org/10.18848/2325-162X/CGP/v16i02/1-21




DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v28i1.14885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Klik di sini untuk melihat jumlah pengunjung website