PERANCANGAN ILUSTRASI DUA DIMENSI KARAKTER DAYANG TOREK DALAM CERITA RAKYAT LUBUKLINGGAU
Abstract
Dayang Torek merupakan tokoh utama dalam beberapa cerita rakyat Lubuklinggau, seperti legenda asal usul Lubuklinggau dan mitos Kerajaan Ulak Lebar. Dalam cerita rakyat tersebut, Dayang Torek dikisahkan sebagai karakter tokoh yang sangat cantik. Perancangan ini bertujuan untuk merancang karakter tokoh Dayang Torek dalam cerita rakyat Lubuklinggau yang sesuai dengan budaya masyarakat Lubuklinggau. Pengumpulan data menggunakan metode kualitatif yang bersumber dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan beberapa narasumber. Data sekunder diperoleh dari buku, arsip, dan artikel yang terkait dengan objek penelitian. Metode perancangan menggunakan metode 5 phases of design graphic process dari Robin Landa yang terdiri dari Lima tahapan yaitu, orientation, analysis, concept, design, dan implementation. Perancangan ini menghasilkan ilustrasi dua dimensi karakter Dayang Torek yang mencerminkan identitas Lubuklinggau, sehingga dapat dijadikan acuan desain dalam berbagai media.
Keywords
References
Adicandra, C., & Kusumandyoko, T. C. (2023). Perancangan Meme Sebagai Kampanye Untuk Remaja Tentang Bahaya Pernikahan Dini Melalui Tiktok. Jurnal Barik, 5(1), 57–67.
Ahmad, A., Susanto, A., & Candrawira, E. (2023). Iklan Layanan Masyarakat Terkait Pentingnya Investasi Digital. Jurnal Desain, 10(3), 493–512. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jd.v10i3.14704
Bangsawan, A., Noviadji, B. R., & Spanic, B. A. (2023). Perancangan Microblog Instagram Tentang Kesehatan Jantung Untuk Usia 18-22 Tahun. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni Dan Budaya, 6(1), 60–68. https://doi.org/10.30998/vh.v6i1.8881
Basir, N. S. D., Tsalatsa, S. L., & Kresna, M. T. (2022). Persepsi wanita dalam menentukan standar kecantikan di tiktok dan instagram. Seminar Nasional Ilmu Sosial, 1, 566–575.
Beauty, A., & Erlyana, Y. (2022). Perancangan Buku “My Acne Journey” untuk Remaja dengan Teknik Ilustrasi Digital. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa Dan Desain, 7(2), 143–162.
Deswari, S. W., & Muhdaliha, B. (2023). Benteng Ghazwul Fikri Melalui Ilustrasi Pada Instagram Hijranism. Wacadesain, 4(1), 37–45. https://doi.org/10.51977/wacadesain.v4i1.1062
Dewi, S. B., & Senoprabowo, A. (2022). Perancangan Katalog Kitchen Equipment Pt Nayati Indonesia Untuk Menunjang Perluasan Pemasaran Di Indonesia. Jurnal Citrakara, 5(1), 72–90.
Enggo, R., & Mahardika, R. (2022). Perancangan Buku Ilustrasi Cerita Rakyat Pulau Kemaro dari Palembang. IKRA-ITH HUMANIORA : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 7(1), 82–88. https://doi.org/10.37817/ikraith-humaniora.v7i1.2273
Fachrizal, O., Hadiprawiro, Y., & Nurhidayati, A. (2023). Perancangan Buku Ilustrasi Anak Mari Mengenal Ondel-Ondel. Cipta, 1(3), 363–372. https://doi.org/10.30998/cipta.v1i3.1799
Gumulya, D., & Meilani, F. (2022). Transformasi Budaya Lokal Menjadi Desain Produk Kontemporer dengan Metode IMO. Serenade: Seminar on Research and Innovation of Art and Design, 1, 8–16. https://doi.org/10.21460/serenade.v1i1.6
Gunari, I., & Tarigan, N. (2023). Perbedaan Hasil Karya Ilustrasi Siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan. Gestus Journal : Penciptaan Dan Pengkajian Seni (GSTS), 3(1), 52–57. https://doi.org/10.24114/gsts.v2i2.44605
Harum, D. M. (2019). Mitos Naga Dalam Khasanah Cerita Rakyat Dunia. Ceudah Jurnal Ilmiah Sastra, 9(1), 36–47.
Hasanadi. (2017). Kearifan Lokal dalam Cerita Rakyat Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 3(2), 824–847.
Khasanah, U., Fathurohman, I., & Setiawan, D. (2022). Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Genuk Kemiri. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 60–64. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1611
Kurniawan, A., & Hidayatullah, R. (2016). Estetika Seni. Arttex.
Lestari, C. D., Trinugraha, Y. H., & Yuhastina. (2023). Konstruksi Kecantikan Mahasiswi Pengguna Skincare di Universitas Sebelas Maret Surakarta. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 7(2), 887–893. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i2.4587/http
Melinda, S., & Muzaki, H. (2023). Cerita Rakyat sebagai Upaya Pengenalan Bahasa dan Budaya Indonesia dalam Pembelajaran Bipa. Jurnal Ilmiah Semantika, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.46772/semantika.v5i01.1242
Nastiti, V. G., & Syah, E. F. (2022). Psikologi Sastra dalam Cerita Anak Liburan Seru di Desa Nenek Lulu Karya Anee Rahman Sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra di Sekolah Dasarr. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 104–110.
Nurfauzan, R., Iriani, D., & Wijaya, A. (2023). Perancangan Buku Ilustrasi Permainan Tradisional Untuk Anak-Anak Sekolah Dasar. Jurnal Grafis, 1(2), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.36080/kvs.v2i2.93
Ramadona, F., Yermadona, H., & Dewi, S. (2023). Analisis Kerusakan Jalan Raya pada Lapis Permukaan dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Metode Bina Marga (Studi Kasus Ruas Jalan Landai Sungai Data STA 0 + 000 – STA 2 + 000). Jurnal Ensiklopedia, 2(2), 15–20. https://doi.org/https://doi.org/10.33559/err.v2i2.1692
Rinaldi, M., & Supandi, F. P. (2023). Perancangan Ilustrasi Kalender PT Unilab Perdana Dengan Tema New Normal. Visualideas, 3(1), 23–30. https://doi.org/10.33197/visualideas.vol3.iss1.2023.1108
Rinaldi, R. S., & Ruslan, A. (2023). Perancangan Ilustrasi Novel “ Aku Anak Broken Home ” Karya Dennis. Kartala Visual Studies, 2(2), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.36080/kvs.v2i2.93
Rizkha, I. A., & Anggapuspa, M. L. (2022). Perancangan Board Game Pengenalan Gizi Seimbang Sebagai Media Edukasi Anak Usia 9-12 Tahun. Jurnal Barik, 4(1), 175–189.
Salahuddin, S., & Hidayat, A. (2023). Desain Illustrasi Digital Motif Kain Tenun Lunggi Kabupaten Sambas Menggunakan Teknik Gambar Pixel Art. Jurnal Teknik, Komputer, Agroteknologi Dan Sains, 1(2), 254–259. https://doi.org/10.56248/marostek.v1i2.24
Soedarso, N. (2014). Perancangan Buku Ilustrasi Perjalanan Mahapatih Gajah Mada. Humaniora, 5(2), 561–570.
Sua, A. T., Asfar, A. M. I. T., & Adiansyah, R. (2023). Penguatan Pemahaman Budaya Indonesia pada SB Hulu Langat Melalui Metode Discovery Learning Cerita Rakyat “I La Galigo.” Buletin KKN Pendidikan, 5(1), 27–36. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v5i1.22486
Suhono, T., & Al Fatta, H. (2021). PENYUSUNAN DATA PRIMER SEBAGAI DASAR INTEROPERABILITAS SISTEM INFORMASI PADA PEMERINTAH DAERAH MENGGUNAKAN DIAGRAM RACI (Studi Kasus: Pemerintah Kabupaten Purworejo). Jnanaloka, 35–44. https://doi.org/10.36802/jnanaloka.2021.v2-no1-35-44
Susetyo, B., Hanika, S. A., Wahayuni, M., & Ridhollah, M. A. (2023). Pemberian Nama Daerah (Toponimi) di Lubuk Linggau. Soeloeh Melajoe: Jurnal Magister Sejarah Peradaban Islam, 2(1), 22–36. https://doi.org/https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Suluh/article/view/17027
Suwandi. (2008). Historigrafi Lubuklinggau. Museum Perjuangan Subkos Garuda.
Syam, S. (2016). Silampari: Hikayat Putri yang Hilang (B. Budiman (ed.); 2nd ed.). Bennyinstitute.
Vanesya, Andreas, & Valentina, A. (2023). Rekomendasi Komunikasi Visual Board Game Edukasi Kue Tradisional untuk Anak-anak. Jurnal Visual, 18(2), 88–96.
Wijaya, S. A., & Iman, T. R. (2023). Pandangan Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa Terkait Simbol Dalam Standar Kecantikan. Harmoni: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 1(3), 86–101. https://doi.org/https://doi.org/10.59581/harmoni-widyakarya.v1i3.940
Willim, E., Wahyudi, T. H., & Zahar, I. (2022). Perancangan Ilustrasi Buku “Bibit Cinta” Geshe Michael Roach. Visual, 16(2), 50–58. https://doi.org/10.24912/jurnal.v16i2.15240
Wulandari, R. (2016). NALISIS ISI CERITA RAKYAT BANTEN “NAPAK TILAS SYEKH MANSYUR” SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SEKOLAH DASAR. Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 191–199.
Yati, R. M., & Sustianingsih, I. M. (2020). Visualisasi dan Makna Simbol Busana Tari Turak Kabupaten Musi Rawas. Gelar: Jurnal Seni Budaya, 18(2), 78–87.
DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v28i3.17659
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
