DESAIN ANIMASI POCOYO DAN ANAK PENYANDANG AUTISME (STUDI KASUS DESAIN ANIMASI POCOYO UNTUK MEMBANTU ANAK PENYANDANG AUTISME MENGIDENTIFIKASI OBJEK VISUAL)
Rifqa Army
Abstract
Autisme adalah gangguan perkembangan yang salah satunya ditandai dengan keabnormalan pada fungsi bahasa dan komunikasi. Ciri khusus anak penyandang autisme adalah nonverbal sehingga materi pembelajaran perlu disampaikan melalui media visual. Animasi digunakan sebagai salah satu media pembelajaran karena anak penyandang autisme memiliki sensitivitas pada elemen visual dan benda yang bergerak. Desain animasi menjadi faktor penting dalam keberhasilan anak penyandang autisme untuk memahami materi pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus pada dua anak penyandang autisme di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta. Tujuan penelitian untuk menguji desain animasi Pocoyo episode Cooking with Elly dalam membantu anak penyandang autisme mengenali objek visual. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan dianalisis secara interpretatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain animasi Pocoyo episode Cooking with Elly dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk anak penyandang autisme dalam mengenali objek visual. Akan tetapi, ada beberapa desain animasi yang perlu memperhatikan prinsip clarityuntuk meningkatkan kemampuan anak penyandang autisme dalam mengenali objek visual. Pembelajaran juga sangat dipengaruhi oleh kemampuan dari anak penyandang autisme.
Keywords
Desain, animasi, anak penyandang autisme, kemampuan mengidentifikasi