KAJIAN KOMUNIKASI DIBALIK MAKNA CAMPAIGN A MILD “NANTI JUGA LO PAHAM”

Aisyi Syafikarani

Abstract


Gerilya adalah sebuah kata yang tepat dalam merepresentasikan periklanan pada zaman sekarang. Iklan telah mengepung dari berbagai sisi kehidupan mulai dari iklan konvensional hingga digital. Hal ini dikarenakan iklan memiliki kekuatan yang besar dalam mempersuasi konsumen, iklan sebagai sarana pemberi informasi yang akan menempatkan produk dalam pikiran konsumen. Namun dalam jangka panjang akan muncul permasalahan saat sebuah iklan dengan produk yang sama ditampilkan secara bersamaan. Sebuah iklan harus memiliki konsep atau big idea dan ketertarikan tersendiri agar konsumen langsung memilihnya. Seperti campaign A Mild seri “Nant iJuga Lo Paham” yang memiliki konsep tentang identitas yang kontradiksi yaitu mengangkat tentang anak punk yang merupakan kaum minoritas dan dikucilkan dari lingkungan. A Mild mewadahi mereka yang dianggap sebelah mata. Adanya campaign ini membuat mereka yang merasa diasingkan pada akhirnya akan merasa dihargai. Hal ini merupakan celah yang dimanfaatkan A Mild untuk mempromosikan produknya secara softselling. Metode yang digunakan dalam mengkaji campaign ini yaitu metode pengambilan sampling secara purposif untuk membandingkan konsep campaign A Mild dengan kompetitor rokok mild lainnya. Sedangkan untuk mengkaji komunikasi dan mengetahui makna dibalik campaign tersebut akan dilakukan kajian dengan pendekatan semiotika signifikasi, legisigns, post strukturalisme serta teori achanceofpespective. Hasil kajian tersebut dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembuatan konsep campaign yang berbeda dengan campaign padaumumnya.


Keywords


campaign, rokok, komunikasi

Full Text:

PDF

References


Barton, Will dan Andrew Beck. (2010). Bersiap Mempelajari Kajian Komunikasi.Yogyakarta : Jalasutra.

Fiske, John. (2004). Cultural and Communication Studies. Yogyakarta : Jalasutra.

Ogilvy, David. (1983). Ogilvy on Advertising. London : Pan Book.

Picken, Mario. (2002). Creative Advertising. London : Thames & Hudson.

Saidi, Acep Iwan. (2017). Desain, Media dan Kebudayaan. Bandung : Penerbit ITB

Samovar, Larry.A, dkk. (2009). Communication Between Cultures. United States : Wadsworth Cengage Learning

Sobur, Alex. (2006). Analisis Teks Media. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Widiatmoko, Didit Suwardikun. (2009). Persuasi Melalui Ilustrasi dalam Iklan Cetak. Jurnal of Visual Art and Design ITB Bandung, Vol. 3, No. 2, 2009, 129-136.

Website

Indra, Chellyn. (2014). Teori Komunikasi tentang Identitas. Diambil dari (http://chellyneindra.blogspot.co.id/2014/03/teori-komunikasi-tentang-identitas.html)

L, Ahmad. (2007). Identitas dan Komunikasi antar Budaya. Diambil dari (http://kitamedia.blogspot.co.id/2007/01/identitas-dan-komunikasi-antarbudaya.html)

http://databoks.katadata.co.id http://www.topbrand-award.com/




DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v21i2.2878

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

visitor visitor