DESKRIPSI PEMASARAN PAMERAN ABSTRACT PARTY BOROBUDUR TODAY 2018 DI GALERI LIMANJAWI ART HOUSE
Abstract
Penelitian ini akan difokuskan pada penerapan teori bauran pemasaran 4P (Produk, Harga, Tempat, Promosi) dan STP (Segmentasi, Target Sasaran, Pemosisian) yang merupakan pengembangan dari konsep strategi pemasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Melalui metode tersebut dapat diketahui sejauh mana Limanjawi menerapkan teori pemasaran bauran pemasaran 4P dan STP. Hasil dari penelitian ini yaitu produk yang di pasarkan berupa pameran dan pertunjukan seni dengan sistem free entry dan dilaksanakan di daerah wisata sehingga memudahkan pemasaran, selain itu promosi dilakukan melalui berbagai media baik advertising, public relation, dan personal selling. Kedua yaitu perumusan strategi STP yang diterapkan dalam pameran Abstract Party. Segmen pengunjung yaitu demografis, geografis, dan psikografis, serta target sasaran merupakan segmen georgrafis dan psikografis. Limanjawi sebagai galeri memposisikan diri sebagai galeri yang unik dan berbeda dari galeri lain di Borobudur.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Borobudur, B. K. (2016). Selayang Pandang. Magelang: Balai Konservasi Borobudur.
Borobudur, K. (2018). Data Daya Tarik Wisata Kecamatan Borobudur 2017. Borobudur, Magelang.
Borobudur, K. K. (2018). Data Hotel dan Homestay Kecamatan Borobudur 2017. Magelang: Kantor Kecamatan Borobudur.
Buku Tamu Pameran Abstract Party Borobudur Today 2018 . (2018). Magelang: Limanjawi Art House.
Chusaeni, U. (2018). Galeri Limanjawi Art House. Borobudur, Magelang.
Dian, E. (2016). Kearsitekturan Candi Borobudur. Magelang: Balai Konservasi Borobudur.
House, L. A. (2018). Katalog Pameran Abstract Party Borobudur Today 2018 . Magelang: Limanjawi Art House.
Kasali, R. (1998). Membidik Pasar Indonesia Segmentasi Targenting Positioning. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Keller, P. K. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas (Jakarta:. Jakarta: Penerbit
Erlangga.
Kotler, P. (2000). Marketing Management. United States of America: Prentice-Hall.
Mardalis. (2004). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Pameran, B. T. (2018). Abstract Party Borobudur Today 2018. Magelang.
Paw, D. ( 2018). Padepokan Apel Watoe. Borobudur, Magelang.
Philip Kotler, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Penerbit
Erlangga.
Rosidi, R. (2017). Katalog Pameran Borobudur Today. Magelang: Limanjawi Art House.
Sunyoto, D. (t.thn.). Teori, Kuesioner, & Analisis Data Untuk Pemasaran Dan Perilaku
Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sunyoto, D. ( 2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic
Publishing Service).
Suryabrata, S. (2012). Metode Penelitian. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, .
Susanto, M. (2004). Menimbang Ruang Menata Rupa. Yogyakarta: Galang Press.
Wahyuningsih. (2016). Meninjau Kembali Tujuan Pendirian dan Fungsi Museum di Kompleks Taman Wisata Candi Borobudur. Jurnal Konservasi Cagar Budaya Borobudur, 49.
Wahyuningsih. (Vol 10 No. 2 Desember 2016). Meninjau Kembali Tujuan Pendirian dan Fungsi Museum di Kompleks Taman Wisata Candi Borobudur. Jurnal Konservasi Cagar Budaya Borobudur, 49.
DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v21i1.3175
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
visitor visitor