STRATEGI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK SEKOLAH DASAR USIA 7-9 TAHUN MELALUI BUKU CERITA BERGAMBAR TENTANG RUKUN IMAN DAN RUKUN ISLAM

Masnuna ., Ilmiah Rizki Okalia

Abstract


Banyaknya media elektronik dan tayangan televisi saat ini dapat mengalihkan anak-anak untuk melakukan penyimpangan dalam aqidah mereka, seperti banyaknya tayangan yang berbau ilusinasi, horor, dan romantis yang dapat merusak pemikiran anak jaman sekarang. Oleh sebab itu perlunya solusi dalam menyelesaikan permasalahan ini dengan menciptakan sebuah media pembelajaran untuk anak-anak berupa buku cerita bergambar. Metode analisa yang digunakan dengan cara mengamati target audiens atau disebut dengan Consumer Jurney dan diuraikan secara deskriptif, adapun konsep buku dirancang sesuai dengan keyword yaitu “Warna-warni cahaya keyakinan”. Konsep keyword ini diterapkan pada visual buku sehingga ditarik konsep buku dengan penggunaan gaya ilustrasi kartun, gaya bahasa yang sesuai dengan anak, penggunaan tipografi yang menyesuaikan anak, dan tone warna yang colorful supaya anak tidak bosan jika membaca.Perancangan ini bertujuan membantu anak-anak dalam mempelajari ilmu aqidah terutama dalam materi Rukun Iman dan Rukun Islam supaya anak tidak mudah terpengaruh dengan hal-hal negatif yang dapat merusak pola pikir mereka.


Keywords


buku, cerita, gambar, aqidah, anak

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Kasilo, Djito, (2008). Komunikasi Cinta, Menembus G-Spot Konsumen Indonesia, Jakarta: KPG

Sugiono. (2009). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfa Beta.

Supardi, M.d, (2006). Metodologi Penelitian. Mataram : Yayasan Cerdas Press.




DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v23i1.3798

Article Metrics

Abstract view : 1295 times
PDF - 1296 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

visitor visitor