PENCAPAIAN MEDIA DIGITAL DALAM PENANAMAN KARAKTER PROGAM STUDI UNGGULAN (STUDI KASUS PROGRAM STUDI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO)
Abstract
Pencapaian Media Digital Dalam Penanaman Karakter Progam Studi Unggulan (Studi Kasus Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Dian Nuswantoro). Dalam penelitian dirumuskan bagaimana pencapaian media digital dalam upaya menanamkan karakter prodi unggulan pada mahasiswa. Adapun tujuan penelitian adalah mengetahui dan memahami media digital dalam upaya menanamkan karakter prodi unggulan pada mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Dian Nuswantoro
Metode penelitian menggunakan metode kualitatif yang lebih ditekankan pada observasi, wawancara, dokumentasi. Peneliti sebagai partisipan untuk menangkap aspek yang diteliti dan target luaran yang dicapai yaitu media digital berupa video profil program studi. Luaran penelitian ini meliputi Jurnal Nasional Terakreditasi terindeks Sinta 4, ARS: Jurnal Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Pemakalah dan artikel ilmiah dimuat dalam Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNS 2020 Universitas Sebelas Maret, dan Bahan Ajar materi perkuliahan pada mata kuliah Pengantar Desain Komunikasi Visual.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, S. (2016). Budaya Literasi Dalam Komunikasi. WACANA, XV(3), 181–279.
Buckingham, D. (2007a). Digital Media Literacies: rethinking media education in the age of the Internet. Research in Comparative and International Education, 2(1), 43–55.
Buckingham, D. (2007b). Digital Media Literacies: Rethinking Media Education in the Age of the Internet. Research in Comparative and International Education, 2(1), 43–55.
https://doi.org/10.2304/rcie.2007.2.1.43
Coleman, E. G. (2010). Ethnographic approaches to digital media.
The Annual Review of Anthropology, 39(1), 487–505.
Creswell, J.W. (1998). Qualitative Inquiry and Research Design. California: Sage Publication, inc.
Creswell, John W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. (A. dan R. K. P. Fawaid, Trans.) (keempat). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Koltay, T. (2011). The media and the literacies: media literacy, information literacy, digital. Media Culture Society, 33(2), 211 –221. https://doi.org/10.1177/0163443710393382
Mahnun, N. (2012). MEDIA PEMBELAJARAN (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 27–34.
Nugraini, S. H. (2019). Program Studi DKV UDINUS. Retrieved March 13, 2020, from https://dkv.dinus.ac.id/
Penyusun, T. (2018). Panduan Buku Akademik 2017/2018. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro.
DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v23i2.4093
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
visitor visitor